Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaPariwisataWisatawan Protes Uji Coba Ganjil Genal di Simpang JLS-Ciwandan, Ini Jawaban Kapolres

Wisatawan Protes Uji Coba Ganjil Genal di Simpang JLS-Ciwandan, Ini Jawaban Kapolres

CILEGON.BCO.CO.ID – Uji coba ganjil genap (Gage) yang dilakukan pada hari ini, Sabtu 11 Desember 2021 di Pos Checkpoint Simpang JLS-Ciwandan, diprotes puluhan wisatawan serta sopir bus yang hendak menuju Kawasan Objek Wisata Pantai Anyer Cinangka di Kabupaten Serang.

Pantauan BCO Media di lokasi Pos Checkpoint, sejumlah pengguna kendaraan dengan plat nomor genap menolak diputar balik. Berbagai alasan mereka lontarkan kepada petugas yang melakukan tugas di wilayah ini. Tak hanya itu, kendaraan bus berbagai daerah dari luar Banten memilih memarkirkan kendaraannya di bahu jalan untuk memprotes kebijakan uji coba ini.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, uji coba ganjil genap tersebut dilakukan atas dasar Instruksi Mendagri Nomor 66 Tahun 2021 serta pencegahan dari sebaran Covid-19 saat libur natal dan tahun baru 2022 yang dikhawatirkan mengalami lonjakan gelombang ketiga. “Tujuannya untuk kesehatan kita bersama, dan ada keringanan kalau dulu 50 persen (Kapasitas Wisatawan-Red) sekarang 75 persen,” ujar AKBP Sigit Haryono.

Kapolres mengungkapkan, pantauan di lokasi pos checkpoint ternyata masih banyak wisatawan yang akan berlibur meskipun sosialisasi telah dilakukan sebelumnya. Menurut AKBP Sigit, wisatawan ini beralasan jika mereka tidak tahu akan kebijakan tersebut yang padahal sering melakukan perjalanan ke Kawasan Anyer Cinangka untuk berlibur.

Ia juga mengajak untuk mendukung kebijakan ini demi kebersamaan seluruh masyarakat sehingga nantinya bakal berdampak pada bidang ekonomi ataupun yang lainnya. “Mari kita bersama-sama untuk mendukung dalam rangka mengendalikan Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Yayu, salah seorang calon wisatawan mengaku, belum mengetahui soal kebijakan tersebut. Ia bersama rombongannya memaksa turun dari bus untuk meminta kebijakan petugas.”Belum tahu, bertahan. Kan nanggung udah sampai sini masa iya balik lagi,” kata Yayu.

Alhasil, kendaraan wisatawan yang terparkir di bahu jalan kini bisa melintas lantaran kapasitas wisatawan di wilayah Anyer Cinangka belum mencapai 75 persen. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments