Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaKesehatanVaksin Covid-19 Sinovac Diseberangkan ke Sumatera Via Pelabuhan Merak

Vaksin Covid-19 Sinovac Diseberangkan ke Sumatera Via Pelabuhan Merak

CILEGON, BCO.CO.ID – Rangkaian kendaraan pembawa vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang telah dikembangkan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, tiba di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, pada pukul 20.00 WIB, Minggu malam 03 Januari 2020.

Tiga unit truk boks pengangkut vaksin tersebut dikawal ketat anggota kepolisian dari Mabes Polri langsung. Selain itu, lima belas kendaraan pengawal yang terdiri dari kendaraan taktis dan mobil PJR ini bakal mendampingi pendistribusian vaksin tersebut ke setiap daerah yang ditujukan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, truk-truk boks itu bakal mengirimkan vaksin tersebut ke enam provinsi di Pulau Sumatera. Di antaranya, Lampung, Sumatera Selatan, Riau, Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu.

“Malam ini kita seberangkan (kendaraan-red) yang memuat vaksin virus corona, tujuannya ke Sumatera. Kita cuma fasilitasi penyebrangannya aja,” kata Endi Suprasetyo, Kepala BPTD Wilayah VIII Banten.

Untuk kondisi cuaca sendiri, ucap Endi, malam ini terpantau cukup baik. Diharapkan, perjalanan vaksin Sinovac melalui Perairan Selat Sunda ini berjalan lancar hingga ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang selanjutnya dibawa ke setiap daerah di Sumatera.

“Malam ini cuaca cukup baik, kita harapkan nanti nyebrang sampai ke Bakauheni dengan lancar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mulai mendistribusikan vaksi Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia. Vaksin akan dikirimkan secara bertahap hingga ditargetkan selesai sepenuhnya pada 7 Januari 2021 mendatang.[]

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments