Minggu, April 21, 2024
spot_img
BerandaKesehatanPasca Banjir, Waspadai Jenis Penyakit Ini

Pasca Banjir, Waspadai Jenis Penyakit Ini

CILEGON, BCO.CO.ID – Persoalan banjir tidak hanya merugikan manusia secara materi, namun dibalik peristiwa alam tersebut, ada sejumlah penyakit yang dapat ditimbulkan sehingga perlu diwaspadai. Tentunya penyakit-penyakit pasca banjir ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi bagi keluarga yang kediamannya terkena banjir.

Berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang dapat ditimbulkan karena bakteri atau kuman saat banjir mudah berkembang dan mengifeksi manusia, penyakit-penyakit ini adalah Diare, Influenza, Demam Berdarah, Tifoid, Leptospirosis, Asma, Konjungtivitis, dan Hepatitis A.

Oleh sebab itu, dokter Zila membagikan tips dalam menjaga kesehatan saat musim hujan berlangsung. Perhatikan asupan air minum dan air masak adalah air yang bersih dan matang, cuci tangan setelah melakukan kegiatan bersih bersih dan sebelum makan, cuci pakaian yang terkena air banjir, cuci pula sofa atau perabotan rumah selepas terendam banjir, makanlah dengan cukup dan perhatikan asupan mineral agar terhindar dari dehidrasi, biasakanlah mandi setelah terkena genangan air banjir atapun hujan, jaga daya tahan tubuh dengan cukup tidur dan konsumsi vitamin, serta jaga kondisi fisik dan mental agar tetap bugar dan tidak stres, anda yang berada di area Cilegon bisa mengkonsumsi Sadajiva, minuman rempah dengan kandungan vitamin.

iklan

“Tips-tips ini tentunya sangat sederhana namun imbasnya sangat berarti bagi kesehatan manusia,” kata dokter Zila, kepada BCO, Minggu 06 Desember 2020.

Selain membagikan tips untuk menjaga kesehatan, ibu dari dua anak ini juga menyarankan, bagi warga Cilegon untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat walaupun setelah banjir.

“Kesehatan itu penting, baiknya terapkan pola hidup sehat dengan saling bergotong royong membersihkan area-area tertentu yang berpotensi bisa menyumbat aliran air,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments