BCO.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah memberikan 1000 beasiswa santri talenta dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2021. Beasiswa Santri Talenta diketahui merupakan program pelatihan bagi santri muda yang tersebar di seluruh Indonesia.
Para santri yang mengikuti program ini selanjutnya bakal menerima materi pelatihan yang mencakup digital marketing, video editing, fotografi, desain produk, hingga virtual event organizing.

Disadur dari berbagai sumber pada Sabtu 23 Oktober 2021, pelatihan Beasiswa 1000 Talenta Santri ini bakal dilaksanak di17 lokasi BLK Kementerian Ketenagakerjaan yang tersebar di berbagai daerah.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menyampaikan, dengan adanya Beasiswa 1000 Talenta Santri diharapkan memunculkan santri-santri yang kreatif maupun berkompeten serta kompetitif. Ida juga berharap, para santri bisa berinovasi dari program tersebut.

“Dengan Beasiswa 1000 Talenta Santri ini, saya berharap bermunculan para santri-santri yang kreatif, inovatif, kompeten, dan kompetitif. Santri Kompeten Indonesia Maju,” ujar Ida Fauziyah, Menaker RI, Jum’at kemarin 22 Oktober 2021.

Lebih jauh, Ida mengatakan, program bagi pelajar di lingkungan pesantren ini juga dapat meningkatkan kompetensi SDM Indonesia, yang notabene program pemerintah saat ini. Karena menurutnya, tantangan dibidang ketenagakerjaan ke depan akan semakin berat seiring tantangan klasik seperti rendahnya daya saing SDM.

Ia juga menambahkan, dalam menghadapi era digitalisasi, dampak Pandemi Covid-19, maupun bonus demografi saat ini. Para generasi muda perlu berbagai kecakapan yang dapat disiapkan.
“Di Hari Santri Nasional Tahun 2021, saya mengajak para santri di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kompetensi, guna menyongsong era yang semakin kompetitif ke depan. Untuk itu, saya mengajak para talenta santri, santri generasi milenial, santri generasi Z untuk terus melatih diri menghadapi tantangan pekerjaan masa depan dan bonus demografi yang sudah di depan mata,” terang Ida.

Adapun syarat untuk mendaftar Beasiswa 1000 Talenta Santri Kemenaker adalah sebagai berikut:
1. Siapkan dokumen berikut:
– foto atau scan KTP (jpg/pdf 1 MB)
– CV atau resume terbaru (jpg/pdf maks.10 MB)
– scan atau foto ijazah terakhir (jpg/pdf maks. 1 MB)
– foto berwarna, latar polos warna bebas, pakaian sopan dan rapi (jpg/pdf maks. 1 MB)
– portfolio yang relevan (jpg/pdf maks 1MB)
– esai 500 kata yang mencakup narasi tentang diri, motivasi mengikuti pelatihan, dan rencana setelah mengikuti pelatihan
2. Buka atau klik tautan http://bit.ly/1000talentasantri
3. Isi nama lengkap
4. Isi NIK
5. Isi tempat, tanggal lahir, dan jenis kelamin
6. Isikan alamat, pendidikan, dan nomor WhatsApp
7. Pilih BLK yang dituju atau yang terdekat
8. Tulis alasan ketertarikan mengikuti beasiswa dan sumber informasinya
9. Salin esai yang disiapkan
10. Unggah dokumen yang disiapkan
11. Klik Submit