Jumat, Juli 12, 2024
BerandaKesehatanAntisipasi Kontaminasi Organisme, Karantina Pertanian Cilegon Bakar Sampel Uji Lab

Antisipasi Kontaminasi Organisme, Karantina Pertanian Cilegon Bakar Sampel Uji Lab

CILEGON.BCO.CO.ID  – Karantina Pertanian Cilegon melakukan pemusnahan arsip sampel serta sisa sampel uji laboratorium perdana di tahun 2022. Pemusnahan dilakukan di tempat di Instalasi Karantina Hewan (IKH) dan dibakar menggunakan mesin incenerator dengan suhu lebih dari 1000 ° C, sampel arsip dan sisa uji laboratorium yang dimusnakan adalah biji gandum, bungkil kedelai, jagung, benih jagung, corn starch, maltodektrine, corn strach, sirup fruktosa, plate elisa, sentrifuge tube dan SAP ekstraksi.

iklan

 

Kepala Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi mengatakan, pemusnahan dilakukan untuk mencegah kontaminasi Organisme Penggangu Tumbuhan/Karantina (OPT/K) ke lingkungan sekitar ataupun ke sampel uji yang baru. Sampel yang dimusnahkan adalah sampel yang diambil Karantina pada sejumlah kegiatan. “Sampel yang dimusnahkan merupakan sampel yang kami ambil dari tindakan karantina baik ekspor, impor maupun antar-area. Arsip sampel dan sisa sampel uji dilakukan pemusnahan sampel 1 (satu) bulan saat pertama kali diterima di laboratorium,” ucap Arum Kusnila Dewi, Kepala Karantina Cilegon, Minggu 09 Jnauari 2022.

Lebih lanjut Arum menambahkan,  pemusnahan juga merupakan kegiatan rutin laboratorium sesuai dengan pedoman Sistem Manajemen Terintegrasi (SMI) di Karantina Pertanian Cilegon dan sebagai implementasi ISO/IEC 17025:2017. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments