Jumat, Juni 21, 2024
BerandaKesehatanAkhir Agustus, Nakes Cilegon Bakal Disuntik Vaksin Buatan Amerika

Akhir Agustus, Nakes Cilegon Bakal Disuntik Vaksin Buatan Amerika

CILEGON, BCO.CO.ID – Tenaga kesehatan di Kota Cilegon bakal mendapatkan suntik vaksin tahap ketiga yang direncanakan akan dilakukan pada akhir Agustus 2021 mendatang.

iklan

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Dana Sujaksani mengatakan, jenis vaksin yang bakal disuntikan ke dalam tubuh para pekerja kesehatan itu akan menggunakan vaksin buatan Amerika Serikat, yakni vaksin moderna bukan lagi vaksin sinovac buatan Cina. “Vaksinasi tahap ketiga untuk tenaga kesehatan dengan vaksin moderna. InsyaAllah kita laksanakan dalam waktu dekat, kita laksanakan akhir Agustus ini,” kata Dana Sujaksani,  Kamis 26 Agustus 2021.

Dana menjelaskan, vaksinasi menggunakan vaksin moderna buatan Amerika Serikat ini dilakukan untuk mendorong imunitas tubuh. “Moderna sebagai booster tahap ketiganya, khusus tenaga kesehatan,” jelasnya.

Masih kata Dana, meskipun tenaga kesehatan pernah terpapar Covid-19 namun tidak menghalangi untuk dilakukan penyuntikan vaksin moderna itu. Nantinya, vaksinasi bakal dilakukan di setiap lembaga kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. “Enggak masalah, bisa dilakukan. Nanti saya serahkan ke setiap klinik, puskesmas, dan rumah sakit,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, Dana melanjutkan, vaksin moderna memiliki efek lebih kuat tergantung kondisi tubuh penerima vaksin. Menurutnya, vaksin moderna buatan Amerika Serikat itu dipilih karena tingkat efektivitasnya yang mencapai 80 persen alias lebih baik dari vaksin Sinovac buatan Cina. “Efektivitasnya 80 persen, fungsinya moderna itu sebagai booster,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini belum ada rencana penggunaan vaksin moderna kepada masyarakat umum. Vaksin moderna diutamakan untuk digunakan bagi para pekerja kesehatan yang menjadi garda terdepan menangani Covid-19. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments