Selasa, April 16, 2024
spot_img
BerandaHumanioraSuara Ledakan di Pabrik Kimia PT Dover Gerem, Warga Cium Bau Menyengat

Suara Ledakan di Pabrik Kimia PT Dover Gerem, Warga Cium Bau Menyengat

CILEGON, BCO.CO.ID – Pabrik kimia milik PT Dover Chemical yang berlokasi di Jalan Raya Merak, Km 117, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, meledak siang tadi sekira pukul 12.45 WIB, Selasa 22 Desember 2020.

Peristiwa ini membuat panik warga setempat lantaran dibarengi dengan bau gas kimia menyengat yang membuat pedih pada mata serta kesulitan bernafas.

Dio Apriyadi, salah seorang warga yang melihat kejadian ledakan itu menceritakan, sebelum meledak ia bersama warga lain sempat mencium bau gas menyengat. Namun seketika, terdengar ledakan dari bangunan pabrik itu hingga membuat sebagian penutup atapnya beterbangan.

iklan

“Pas saya mau samperin itu langsung meledak. Ledakannya satu kali, si sengnya jatuh ke jalan raya. Dan bau menyengatnya tambah sampai susah bernafas,” kata Dio kepada wartawan.

Ia mengatakan, kejadian yang membuat panik warga sekitar inipun memaksa warga lain untuk mengungsi lantaran khawatir dengan bau gas mengganggu itu.

“Warga langsung ngungsi bang, baunya menyengat khawatir ada apa-apa,” jelasnya.

Senada dengan Dio, Yati warga yang tinggal di depan pabrik PT Dover Chemical mengatakan, ia sempat melihat kepulan asap pekat dengan aroma yang keras terhadap pernafasan.

“Warga pada panik kang, mereka langsung ngungsi. Baunya itu bau formalin tapi kuat banget bikin pedih mata sama susah herbafas,” kata Yati singkat.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi, bau menyengat masih terasa hingga membuat sesak nafas. Kemudian, sebuah seng penutup atap juga terjatuh di sungai kecil. Tak hanya itu, bekas cairan kimia tampak menyisakan jejaknya di jalan raya yang bersifat lengket. Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau tidak dalam insiden ini. Sejumlah kepolisan masih berada di area pabrik. Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari manajemen PT Dover Chemical ataupun polisi terkait peristiwa ini. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments