Selasa, Juli 16, 2024
BerandaInfrastrukturSetelah Didesak Warga dan Disurati RW, DPUTR Cilegon Janjikan Betonisasi Jalan Ciwedus...

Setelah Didesak Warga dan Disurati RW, DPUTR Cilegon Janjikan Betonisasi Jalan Ciwedus September

CILEGON.BCO.CO.ID – Problematika Jalan Ahmad Dahlan, Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, yang saat ini rusak parah akhirnya mulai menemui titik terang. Sebelumnya banyak warga yang mendesak melalui media sosial agar jalan Ciwedus segera diperbaiki. Bahkan sampe Forum Komunikasi RW Kelurahan Ciwedus juga menyampaikan ultimatum melalui surat yang disampaikan kepada Dinas Pelerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon.

Berdasarkan hasil rapat dengar pendapat di gedung DPRD Cilegon antara Kepala DPU-TR) Cilegon, Camat Cilegon, Lurah Ciwedus, Forum Komunikasi RW Kelurahan Ciwedus, dan Komisi VI DPRD CIlegon, jalan sepanjang 1,5 kilometer yang membentang di Kelurahan Ciwaduk dan Ciwedus itu dijanjikan dilakukan betonisasi tahap awal paling lambat akhir September 2022 mendatang.

Adapun alikasi anggarannya mencapai sekitar Rp7 miliar. “Apa yang disampaikan Kabag Barjas (Bagian Barang dan Jasa) dengan kita menghitung 21 hari itu berarti awal September. Harapannya tidak gagal lelang. Kalau gagal lelang kan kita lelang cepat. Setelah lelang cepat kan kita bisa penunjukan langsung dengan kondisi waktu yang tidak cukup kalau kita pakai lelang normal lagi. Iyah, pahitnya akhir September, mudah-mudahan,” kata Heri Mardiana, Kepala DPUTR Kota Cilegon, Kamis 18 Agustus 2022.

Dikatakan Heri, ada lima lokasi jalan rusak yang menjadi perhatian khusus. Namun, pihaknya memastikan bahwa hari ini ada dua lokasi jalan rusak di Kota Cilegon yang mulai tayang lelang atau ditenderkan.

“Hari ini yang sudah pasti untuk tayang hari ini kata Kabag Barjas, Jalan Ahmad Dahlan dan jembatan Ciberko. Kemudian nanti kita lihat yang tiga lagi, Jalan Asnawi, Panggung Rawi, satu lagi Imam Bonjol nanti kita lihat, mudah-mudahan hari ini juga bisa tayang,” ujarnya.

Di tempat sama, Ketua Komisi IV DPRD Cilegon Erik Airlangga merasa lega lantaran DPUTR Cilegon telah memberikan kepastian kepada masyarakat terkait perbaikan jalan rusak di Kota Cilegon, khusunya di Jalan Ahmad Dahlan, Ciwaduk-Ciwedus.

Menurutnya, kepastian itu telah lama dinantikan oleh masyarakat Kota Cilegon. “Karena betul masyarakat mah tidak tahu lelang kapan, tayang kapan, pokoknya taunya realisasi saja kan. Tapi alhamdulillah tadi dari Barjas dan DPUTR sudah memasukkan kepada Barjas, Barjas memutuskan bahwa September Insyaallah,” ucap Erik.

Sementara itu, Ketua RW 04 Kelurahan Ciwedus Ismadiyanto mengaku, pihaknya akan menunggu dan mengawal realisasi janji yang disampaikan DPUTR Cilegon di Jalan Ahmad Dalan itu. Pasalnya, kerusakan jalan itu sudah cukup lama dan banyak menelan korban akibat kecelakaan.

Ismadiyanto mengaku, pemerintah baru melakukan perbaikan sekedarnya hanya untuk meminimalisir kecelakaan para pengguna jalan tersebut. “Tambal sulam paling dari PU, terus dari warga juga ada, kemarin terakhir dari Pak Lurah juga ada,” katanya.

Oleh karena itu, Ismadiyanto kembali menegaskan pihaknya sangat menantikan realisasi janji perbaikan atau betonisasi pada Jalan Ahmad Dahlan tersebut. “Sebenarnya jujur kami merasa malu karena di tengah kota kondisinya seperti itu. Ujung Cilegon saja di sana sudah mulus semua jalannya, Kadang-kadang jadi pembicaraan di internal kita ya,” tegasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments