Senin, Mei 20, 2024
BerandaHumanioraSampah Kotori Laut dan Menumpuk di Bibir Pantai Dekat Dermaga Eksekutif Pelabuhan...

Sampah Kotori Laut dan Menumpuk di Bibir Pantai Dekat Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak

CILEGON.BCO.CO.ID – Sampah plastik dan sisa-sisa sampah rumah tangga lainnya menumpuk serta mengotori air laut di bibir pantai dekat dengan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, tepatnya di Lingkungan Medaksa RT/RW 04/05, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Selain mengganggu, tumpukan sampah itu juga mengeluarkan bau tak sedap, dan membuat bibir pantai terlihat kumuh dan menjijikan.

Daniel warga setempat mengatakan, sampah-sampah tersebut berasal dari wilayah hulu sungai terutama pasar yang dibuang warga ke aliran sungai lalu terbawa air hingga ke laut. “Dari hulu sungai kebawa air. Kalau hujan mah banyak yang kebawa ke laut sampahnya,” kata Daniel kepada BCO, Rabu 03 Februari 2021.

Sampah-sampah tersebut juga mempengaruhi air laut yang tadinya berwarna biru bersih menjadi hitam dan menimbulkan aroma tak sedap. Meski begitu, kata Daniel, hingga saat ini belum ada petugas kebersihan dari kelurahan atau pun dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon yang datang mengangkut sampah-sampah ini. “Belum ada. Saya belum pernah lihat (petugas kebersihan-red) yang datang kesini apalagi mengangkut ini,” jelasnya.

iklan
iklan

Senada diungkapkan Yudi, ia menyesalkan tidak adanya kesadaran masyarakat terkait kebersihan dan rasa menjaga lingkungan. Sebab kata Yudi, kondisi air laut yang kotor akan mempengaruhi ekosistem laut itu sendiri. “Kalau kotor begini yang rugi masyarakat di hilir. Selain itu juga, kalau airnya sudah tercemar begini ikan-ikan bisa pada mati,” ujar Yudi. []

iklan
RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments