Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaHumanioraPuluhan Rumah Warga Kelurahan Tamansari Merak Masih Banjir

Puluhan Rumah Warga Kelurahan Tamansari Merak Masih Banjir

CILEGON, BCO.CO.ID – Puluhan rumah warga di Lingkungan Baru, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, masih tergenang banjir akibat intesitas hujan yang mengguyur kawasan ini pada Sabtu malam 06 Februari 2021.

Ketua RT 01 RW 04 Lingkungan Baru Ade Sunengsih mengatakan, ada sekitar 94 rumah di wilayahnya yang terdampak banjir tersebut. Meskipun air telah surut, namun sebagian rumah warga masih banjir.

“Ada 94 rumah kalau untuk wilayah kita. Air mulai surut tapi ada beberapa rumah yang masih terendam juga,” kata Ade, kepada wartawan, Minggu dinihari 07 Februari 2021.

iklan

Dijelaskan, banjir di wilayah ini disebabkan meluapnya Sungai Medaksa yang tak dapat menampung debit air sehingga meluap ke permukiman warga.

“Kita langganan banjir, setahun bisa sampai tiga kali. Wilayah ini kan dataran rendah ditambah lagi saluran air dari sejumlah kampung larinya ke kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Ade mengungkapkan, selain faktor cuaca, buruknya drainase juga menjadi penyebab utama persoalan banjir di wilayah tersebut. Kendati begitu, sambung Ade, warga tetap memilih bertahan sambil membersihkan rumah mereka dari material yang terbawa banjir.

“Bertahan cari tempat yang bisa dipakai istirahat, enggak tahu kalau hujan lagi. Kemungkinan kita mengungsi, tadi aja ketinggian air mencapai satu meter di sini,” imbuhnya.

Jika kondisi cuaca membaik, pihaknya bakal meminta bantuan alat pompa air untuk membersihkan lumpur dan tanah yang mengotori rumah-rumah warga. “Kita upayakan pinjam alat semprot air untuk bersih-bersih,” tandasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments