Selasa, April 16, 2024
spot_img
BerandaHumanioraPolisi dan KKP Sediakan Layanan Gratis Rapid Test Antigen di Pelabuhan Merak

Polisi dan KKP Sediakan Layanan Gratis Rapid Test Antigen di Pelabuhan Merak

CILEGON, BCO.CO.ID – Polda Banten yang bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, menyediakan pos kesehatan terpadu di area Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Pos kesehatan terpadu itu didirikan guna melayani pemudik angkutan Nataru 2020 – 2021. Dalam kegiatan, pos pelayanan kesehatan memberikan layanan terkait keluhan kesehatan calon pengguna jasa hingga pelayanan rapid test antigen secara gratis.

“Yang utama adalah pelayanan rapid test antibody dan rapid test antigen diberikan secara gratis kepada seluruh penumpang,” kata Kombes (Pol) I Gusti Gede M Andika, Kabid Dokkes Polda Banten kepada wartawan, Kamis 24 Desember 2020.

iklan

Bagi penumpang yang hendak melakukan perjalanan ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, sambung Gusti, ada baiknya membawa surat pernyataan sehat. Hal itu untuk meyakinkan bahwa pengguna jasa bebas dari virus corona.

“Sebaiknya wajib, tujuannya untuk meyakinkan yang bersangkutan (penumpang-red) terbebas dari Covid-19,” ungkapnya.

Posko pelayanan kesehatan terpadu itu disiapkan hingga awal tahun 2021 selama operasi lilin. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Banten terutama di Pelabuhan Merak pada saat angkutan Nataru 2020 – 2021.

Disinggung soal hasil pemeriksaan itu, Gusti menyatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan penumpang yang positif Covid-19. Selain di Pelabuhan Merak, Polda Banten juga menyediakan posko tersebut di sepanjang rest area wilayah Polda Banten.

Sementara, Zulfa, salah seorang pengguna jasa mengatakan, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan itu. Zulfa bersyukur hasil pemeriksaan itu dinyatakan negatif Covid-19.

“Enggak lama, 15 menit udah keluar hasilnya. Alhamdulillah negatif, ini mau pulang ke Tanggamus, Lampung, dari Jakarta. Gratis kok alhamdulillah,” kata Zulfa. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments