Rabu, Juli 24, 2024
BerandaHumanioraPertanyakan Kejelasan Perbaikan Jalan, Warga Ciwedus Surati PUPR dan Pemkot Cilegon

Pertanyakan Kejelasan Perbaikan Jalan, Warga Ciwedus Surati PUPR dan Pemkot Cilegon

CILEGON.BCO.CO.ID – Warga Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon untuk segera menunaikan janji terkait perbaikan jalan rusak.

Hal itu diketahui, Senin, 8 Agustus 2022 saat warga yang diwakili oleh Forum RW Kelurahan Ciwedus, mendatangi kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat Kota Cilegon.

Ismadiyanto selaku Ketua RW 04 menyampaikan, Forum RW dibentuk untuk mengakomodir suara masyarakat yang menagih janji dari Pemkot Cilegon terkait perbaikan jalan rusak.

“Ya artinya kami coba mengingatkan kepada pemerintah soal janji yang sempat diucapkan terkait jalan rusak ini, agar masyarakat kondusif. Selama ini kami sudah coba menahan emosi warga, namun karena desakan semakin banyak, akhirnya Forum RW dibentuk untuk menyampaikan surat agar perbaikan jalan di Ciwedus bisa segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Di tempat sama, Ketua RW 02, Suheli menambahkan, selama ini pihaknya sudah berupaya untuk membendung emosi warga yang berencana untuk melakukan aksi di tengah jalan rusak agar suasana tetap kondusif.

“Bukan sekali dua kali. Kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Namun kali ini mau tidak mau kami harus sampaikan kepada Pemerintah Daerah supaya warga tetap kondusif. Harapannya melalui surat yang kami layangkan, Pemerintah bisa segera melaksanakan perbaikan yang informasinya sudah dianggarkan tapi kenapa belum juga dilaksanakan. Ini ada apa dan kenapa? Bahkan Walikota (Helldy Agustian-red), sudah pernah meninjau dan berjanji untuk segera diperbaiki, tapi sampai saat ini belum ada wujudnya,” jelasnya.

Menurut Suheli, apa yang dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat bukan karena tidak sabar terhadap apa yang akan dilakukan Pemkot Cilegon.

“Ya artinya semua ini kami lakukan atas dasar desakan warga. Kami sudah seringkali menahan agar tidak ada warga yang turun ke jalan, tapi kali ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kami layangkan surat ke Dinas PU, DPRD Cilegon, dan juga Pemkot,” tandasnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Ciwedus Muhayat menyampaikan, saat meninjau jalan yang rusak di lingkungan tersebut, Walikota Cilegon Helldy Agustian berjanji akan segera memperbaikinya.

“Waktu itu Pak Wali mengucapkannya di dalam masjid. Dan setiap kali musrenbang, kondisi jalan ini selalu jadi prioritas yang diusulkan oleh masyarakat untuk diperbaiki. Artinya jika tidak ada pelaksanaan setelah surat ini dilayangkan, kami tidak menjamin jika masyarakat menggelar aksi di jalan,” ujarnya.

Diketahui, atas desakan warga Ciwedus, sejumlah RW menginisiasi membentuk Forum RW untuk mendesak agar Pemkot Cilegon bisa segera melaksanakan perbaikan jalan.

Dalam surat yang dilayangkan, Forum Komunikasi RW Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon bahkan menyertakan sejumlah kondisi yang terjadi akibat jalan rusak tersebut.

Bahkan pada tanggal 24 Juli 2022, terjadi kecelakaan fatal yang mengakibatkan salah satu masyarakat meninggal dunia.

Untuk itu, Forum Komunikasi RW memohon klarifikasi dari pihak terkait pelaksanaan perbaikan tersebut kapan akan dilaksanakan atau ditunda?.

Dalam surat tertera, dari 7 RW di Kelurahan Ciwedus, hanya 6 RW yang mendatangani surat yang dilayangkan ke PU, Pemkot, dan DPRD.

Diakhir surat juga ditegaskan, apabila sampai akhir Agustus 2022 tidak ada kejelasan terkait informasi perbaikan jalan, warga terpaksa akan melakukan aksi turun ke jalan. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments