Jumat, Juli 12, 2024
BerandaHumanioraPemprov Banten Salurkan BLT BBM untuk Warga Cilegon, Ini Kata Pj Gubernur

Pemprov Banten Salurkan BLT BBM untuk Warga Cilegon, Ini Kata Pj Gubernur

CILEGON.BCO.CO.ID – Pemerintah Provinsi Banten mulai menyalurkan BLT Subsidi BBM bagi warga Kota Cilegon, di Kantor Samsat Cilegon, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Jum’at 23 September 2022.

iklan

Penyaluran BLT Subsidi BBM di Kota Cilegon merupakan yang ketujuh kalinya dilakukan Pemprov Banten di hampir seluruh wilayah dan disalurkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, ada 75.300 lebih keluarga penerima manfaat (KPM) yang dibagi di kabupaten/kota sesuai dengan komposisi jumlah penduduk untuk 4 bulan. Penerima BLT Subsidi BBM diketahui mendapat Rp150 ribu per bulan dengan nilai total keseluruhan mencapai Rp600 ribu dibagi empat bulan. “Jadi pembiayaan itu bersumber dari 2 persen dari dana alokasi umum (DAU), kan sumber pendapatan itu ada macam-macam. Lalu 2 persen dari dana bagi hasil, lalu lebihnya itu kita ambil dari BTT. Dari 2 persen tadi itu diperkirakan sekitar Rp16 miliar, lalu kita menambahkan dari BTT sehingga totalnya itu Rp46 miliar untuk 8 kabupaten/kota di Banten,” kata Al Muktabar.

Agar tepat sasaran, Al menambahkan, penyaluran BLT tersebut dilakukan melalui transfer ke rekening penerima langsung. Selain itu, ada juga APH yang mengawasi penyaluran ini di internal pemerintah.

“Untuk mengantisipasi oknum nakal dalam penyaluran BLT ini kita menggunakan instrumen-instrumen yang terukur. Pertama, BLT (Disalurkan-Red) kepada rekening langsung. Kita sudah mengupayakan, meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan itu karena langsung transfer ke rekeningnya,” jelasnya.

Mantan Sekda Provinsi Banten mengingatkan, penerima BLT Subsidi BBM harus menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan mendasar dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup imbas kenaikan BBM.

“BLT ini untuk digunakan kebutuhan mendasar bagi mereka. Gunakan betul untuk kebutuhan mendasar, sesuaikan dengan kebutuhannya karena ini amanah dan ini uangnya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” tutup Al Muktabar.

Sebagai informasi, penerima BLT Subsidi BBM di Kota Cilegon mencapai 3.902 oranh yang tersebar di berbagai kecamatan di Kota Cilegon. Yakni, Kecamatan Grogol sebanyak 204 KPM, Kecamatan Cibeber sebanyak 1.364 KPM, Kecamatan Cilegon sebanyak 945 KPM, Kecamatan Ciwandan sebanyak 229 KPM, Kecamatan Jombang sebanyak 414 KPM, Kecamatan Pulomerak sebanyak 375 KPM, Kecamatan Purwakarta sebanyak 154 KPM dan Kecamatan Citangkil 217 KPM. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments