Selasa, Juli 16, 2024
BerandaParlemenMerokok Sembarangan di Cilegon Bisa Didenda, Pakai Sponsor Rokok Bisa Dipenjara Sebulan

Merokok Sembarangan di Cilegon Bisa Didenda, Pakai Sponsor Rokok Bisa Dipenjara Sebulan

CILEGON.BCO.CO.ID – Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok telah disahkan DPRD Kota Cilegon. Dalam Perda tersebut, sejumlah kawasan di Cilegon harus bebas dari asap rokok.

Adapun beberapa tempat yang dilarang untuk merokok diatur dalam pasal 3 Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok meiliputi Fasilitas Pelayanan Kesehatan,  Tempat Proses Belajar Mengajar,  Tempat Anak Bermain, Tempat Ibadah, Angkutan Umum, Tempat Kerja, Tempat Umum dan tempat lain yang ditetapkan oleh Walikota.

Bagi warga yang merokok secara sembarangan seperti yang tertuang dalam Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok pasal 35 yang berbunyi Setiap orang yang dengan sengaja melanggar larangan Kawasan Tanpa Rokok dikenakan denda paling banyak Rp 50 juta.

Sementara pada pasal 36 berbunyi, setiap orang yang mengiklankan produk tembakau di media luar ruang dan atau mensponsori suatu kegiatan lembaga dan atau perorangan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 dan Pasal 16 dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp7,5 juta.

Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj mengatakan, Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok merupakan Perda inisiatif DPRD Kota Cilegon.  Usai ditetapkan dan disahkan, Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok selanjutnya harus melalui tahap evaluasi di Pemerintah Provinsi Banten, kemudian setelah itu ada penomoran dari Pemkot Cilegon.

“Sudah konsekuensi, nanti kita akan siapkan ruangan khusus merokok,” kata Isro Mi’raj, Ketua DPRD Kota Cilegon, Selasa 02 Agustus 2022.

Isro mengungkapkan, sebelumnya sudah ada Peraturan Walikota atau Perwal Kawasan Tanpa Rokok kemudian diperkuat dengan Perda yang kekuatan hukumnya lebih kuat.  “Perda bisa menjadi bahan untuk seseorang atau badan dituntut apabila melanggar aturan tersebut,” terangnya.

Isro mengaku akan selalu mengawasi implementasi Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok. “Eksekutor Perda di eksekutif, kita akan mengawasi untuk fungsi kontrolnya,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments