Rabu, Juli 24, 2024
BerandaAksi SosialManfaatkan Lahan Tidur, TNI dan Warga Tanam Jagung Pulut di Gedong Dalem

Manfaatkan Lahan Tidur, TNI dan Warga Tanam Jagung Pulut di Gedong Dalem

CILEGON.BCO.CO.ID – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dari Koramil 2301 Cilegon dan Kodim 0623 Cilegon bersama Gapoktan Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, menyulap lahan tidur menjadi lahan pertanian dengan cara melakukan penanaman jagung pulut di lahan seluas 2 hektare, Kamis 15 September 2022.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan program ketahanan pangan yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cilegon.

Dandim 0623 Cilegon Letkol (Inf) Ari Widyo Prasetyo menuturkan, penanaman jagung itu atas inisiasi dan kerjasama dengan pemilik lahan untuk memanfaatkan lokasi tersebut sebagai lokasi pertanian. Ari mengatakan, kegiatan tersebut juga dilakukan di seluruh wilayah Kota Cilegon. “Ini dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan pangan di semua wilayah di Indonesia,” kata Letkol (Inf) Ari Widyo Prasetyo, Dandim 0623 Cilegon, kepada wartawan.

Dandim bilang, tanaman tidak hanya jenis jagung saja. Namun, ada tanaman lain seperti sayuran guna mendukung program tersebut. Dikatakan juga, hasil panen nantinya bisa membantu kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ia juga optimis jika program ini bisa terus berjalan, meskipun ada kendala untuk memanfaatkan lahan kritis tersebut. “Tujuan awalnya ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Masih kata Dandim, pihaknya menargetkan hasil panen dari lahan ini bisa maksimal. Pasalnya, jagung pulut sendiri lebih produktif dan efisien. “Kita targetkan sekitar 20 ton yang kita harapkan bisa dipanen dalam waktu 60 hari sejak masa tanam,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments