Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaCuacaLurah Karang Asem Sebut Banjir di Jerang Barat Karena Kiriman

Lurah Karang Asem Sebut Banjir di Jerang Barat Karena Kiriman

CILEGON, BCO.CO.ID – Tingginya curah hujan yang berlangsung di Kota Cilegon menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir dengan tinggi barvariasi, di antaranya hingga 70 centimeter.

Seperti terpantau di Lingkungan Jerang Barat, Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Jumat 18 Desember 2020.

Sejumlah rumah penduduk di wilayah tersebut terendam banjir yang dipicu oleh tingginya volume air.

“Dataran kita rendah. Ini banjirnya bukan karena disebabkan perilaku manusia di sini. Tapi air ini kiriman dari hulu, kayak dari Mancak dan daerah lain,” kata Halili, Lurah Karang Asem kepada wartawan.

Dikatakan, ada 20 jiwa terdampak banjir tersebut. Meski demikian, Halili menyebutkan, banjir saat ini tidak terlalu tinggi dikarenakan pihak kelurahan telah menyiapkan sumur resapan di wilayah ini guna mempercepat penyerapan air hujan.

“Kalau sekarang enggak terlalu tinggi dan cepat surutnya. Kita telah buat 6 sumur resapan buat mempercepat air turun ke dalam tanah,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, peristiwa banjir di wilayah Kelurahan Karang Asem berada di dua wilayah. Kawasan Cikerut dan Kawasan Jerang Barat.

“Kalau di Cikerut mah genangan aja. Kalau dari sini karena debit air yang datangnya cukup tinggi karena kiriman itu tadi,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, air yang menggenangi wilayah tersebut mulai surut. Namun, air yang meluap ke jalan perkampungan itu masih mengalir cukup deras sehingga membuat pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati ketika melintas. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments