Rabu, Juni 19, 2024
BerandaHumanioraKata Dirjen Keselamatan Perkeretaapian Saat Tinjau Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Cilegon

Kata Dirjen Keselamatan Perkeretaapian Saat Tinjau Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Cilegon

CILEGON, BCO.CO.ID – Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Keselamatan Perkeretaapian meninjau lokasi perlintasan rel kereta tanpa palang pintu di Linkungan Kubang Sepat, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Kamis 08 April 2021.

iklan

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut dari usulan Dinas Perhubungan Kota Cilegon dalam rangka meningkatkan keselamatan di area perlintasan kereta api.

Dirjen Keselamatan Keselamatan Perkeretaapian Dedy Cahyadi mengatakan, dari hasil evaluasi yang direkomendasikan tersebut. Pihaknya bakal melakukan sejumlah peningkatan peralatan keselamatan ataupun yang lainnya. “Itu nanti kita akan lakukan evaluasi paling baik seperti apa, termasuk desain geometrik jalannya juga itu harus kita pertimbangkan,” kata Dedy Cahyadi, kepada wartawan.

Dijelaskan, pertimbangan geometrik pada jalur perlintasan antar kota yang cukup tinggi memerlukan desain yang baik dalam rangka meningkatkan keselamatan ataupun kelancaran lalu lintas angkutan kereta api. “Pada saat kereta akan lewat, ada alat yang membantu mereka berhenti. Mudah-mudahan nantinya keselamatan baik kereta api maupun lalu lintas itu lebih terjamin lagi,” jelasnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon Uteng Dedi Apendi menyatakan, seluruhnya ada 22 titik lokasi di perlintasan kereta api di Kota Cilegon yang diusulkan kepada pihak kementerian agar bisa ditingkatkan keamanannya.
“Kita masih menunggu rekomendasinya. Biar ada palang kereta dan penjaganya. Karena ini harus sesuai dengan perundangan yang berlaku, jadi harus kita ikuti aturannya,” ujar Uteng. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments