Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKetenagakerjaanDilarang Ikut Aksi Solidaritas, Buruh Cilegon Demo di PT KS Posco

Dilarang Ikut Aksi Solidaritas, Buruh Cilegon Demo di PT KS Posco

CILEGON.BCO.CO.ID – Ratusan buruh dari FSPMI Kota Cilegon melakukan aksi unjuk rasa di pintu masuk pabrik PT KS Posco. Aksi ini merupakan buntut dari intimidasi perusahaan sub kontrak di pabrik baja tersebut yang melarang pekerjanya dari serikat buruh untuk ikut aksi penolakan upah yang disahkan Gubernur Banten Wahidin Halim beberapa waktu lalu.

Ketua PC SPL FSPMI Kota Cilegon Erwin Supriyadi mengungkapkan, rekan-rekan buruh yang berada di perusahaan tersebut akan dikenakan sanksi cuti selama 10 hari apabila ikut aksi solidaritas ini. Katanya, kebijakan tersebut membuat para buruh bisa kehilangan haknya. “Kenyataannya disini terjadi pelarangan bahwa tidak boleh keluar, ataupun kalau boleh keluar jumlah anggota terbatas. Sudah itu ada sanksi bahwa yang ikut aksi nanti mereka harus isolasi selama 10 hari dengan dipotong cuti, itukan merugikan anggota kami,” papar Erwin Supriyadi, Ketua PC SPL FSPMI Kota Cilegon, Senin 06 Desember 2021.

Erwin menilai, kebijakan perusahaan tersebut merupakan sikap anti pekerja yang sangat bertentangan dengan undang-undang serikat pekerja tahun 2001. Lebih lanjut dijelaskannya, serikat tidak mempermasalahkan kebijakan isolasi 10 hari ini bagi buruh yang ikut aksi. Akan tetapi, harus ada dispensasi bagi buruh tanpa ada sanksi cuti. “Kalau dipotong cuti misalnya cutinya habis, pasti akan dipotong gajinya itukan merugikan namanya, dan itu kami anggap sebagai intimidasi terhadap kegiatan serikat pekerja,” jelasnya.

iklan
iklan

Buruh mengancam, akan menerjunkan lebih banyak massa untuk berunjuk rasa meminta kebijakan tersebut dihapuskan dari perusahaan sub kontrak di PT KS Posco tersebut. “Sebenarnya aksi kami bukan disini tujuannya, kami hanya menjemput anggota kami,” pungkasnya.

iklan

Aksi ratusan buruh yang dijaga ketat polisi ini mengakibatkan puluhan kendaraan yang hendak masuk ke area pabrik tertahan, sehingga menimbulkan kepadatan volume kendaraan yang cukup panjang. Para buruh juga terpantau, melakukan ibadah sholat ditepi jalan sambil menunggu rekannya keluar dari kawasan pabrik. []

iklan

Masih kata Erwin, tadinya aksi ini bakal dilakukan buruh ke Kantor Gubernur Banten namun malah mendapat intimidasi sehingga mereka bertahan untuk berunjuk rasa di kawasan pabrik tersebut. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments