Senin, Mei 20, 2024
BerandaHumanioraDewan Dorong Manfaatkan Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

Dewan Dorong Manfaatkan Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

CILEGON, BCO.CO.ID – Anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Partai Berkarya Dimas Saputra, mendorong Pemerintah Kota Cilegon untuk menyediakan sarana dalam memanfaatkan sampah rumah tangga. Diketahui, sampah merupakan persoalan penting di Kota Cilegon. Ditambah lagi, kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat rendah sehingga menimbulkan tumpukan sampah di area sungai.

“Solusinya kedepan kita bicarakan terkait pengelolaan limbah-limbah sampah baik dari rumah tangga, indutrsi maupun dari pasar,” kata Dimas, Anggota DPRD Kota Cilegon, kepada BCO, kemarin.

Menurut Dimas, persoalan sampah seperti di Pasar Kranggot hasil dari pedagang, terutama sisa sayuran dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos yang lebih berguna ketimbang di buang sembarangan. “Bisa jadi pupuk kompos segala macem, itu nanti kita akan lakukan. Tekhnisnya, regulasinya seperti apa kita bentuk nanti wadahnya,” ujarnya.

iklan
iklan

Selain dapat memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk kompos, hal ini juga dapat menumbuhkan UMKM baru yang tentunya bisa menyerap tenaga kerja lokal. Diketahui juga, persoalan pengangguran di Kota Cilegon masih tetap tinggi jumlahnya.

iklan

“Bisa dalam bentuk UMKM, namanya pendayagunaan sampah dalam bentuk pupuk kompos atau apa gitu,” pungkasnya. []

iklan
RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments