Minggu, Juli 21, 2024
BerandaParlemenAnggota DPRD Nilai Helldy Agustian Tak Hormati Lembaga Legislatif

Anggota DPRD Nilai Helldy Agustian Tak Hormati Lembaga Legislatif

CILEGON.BCO.CO.ID – Anggota DPRD Kota Cilegon Erik Airlangga menyesalkan ketidakhadiran Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait kebijakan rotasi mutasi jabatan Setwan yang dijadwalkan digelar pada Senin 12 Juni 2023.

Menurutnya, Helldy terkesan tidak menghormati lembaga DPRD sebagai instansi yang memiliki peran terhadap pemerintah. Padahal kata dia, DPRD memiliki peran penting terhadap pembentukan Perda bersama kepala daerah, membahas dan memberikan persetujuan Raperda mengenai APBD yang diajukan kepala daerah, serta
melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD.

“Terkesan kita ini tidak punya kekuatan. Kebijakan apasih terkait program wali kota yang tidak kita setujui untuk masyarakat, walaupun kita tahu SILPA-nya tinggi makanya pengawasannya kita maksimalkan,” kata Erik Airlangga.

Erik berujar, sikap Helldy sebagai Wali Kota Cilegon yang dinilai tidak menganggap lembaga legislatif bisa mengancam kebijakan dan programnya. “Bisa saja mungkin tinggal kebijakan pimpinan menginstruksikan kepada kita para anggota dewan seperti apa? Apakah memang tidak ada pembahasan RKA di perubahan, ataukah tidak ada paripurna, atau tidak ada rapat anggaran. Terus mau gimana? Karena ini berbicara marwah DPRD,” ujarnya.

Dari informasi yang dia dapat, lanjut Erik, Helldy lebih memilih menghadiri acara pelepasan siswa salah satu sekolah di Kecamatan Cibeber daripada ikut hadir dalam rapat penting tersebut. Ia juga mempertanyakan kepentingan Helldy pada momen itu. “Jangan karena berbicara di tahun Pemilu mencari simpati masyarakat, tapikan dilihat juga di situ bisa diwakili oleh wakilnya, enggak semua wali kota. Inikan berbicaranya penting,” ujar Erik lagi.

Masih kata Erik, ia meminta Helldy untuk bersikap gentleman dan tidak membiarkan problematika tersebut semakin memanas. “Kalau memang salah ya akui salah, kalau memang betul ya hadir disitu jelaskan. Kita hanya meminta penjelasannya seperti apa, kita ini udah pada dewasa kok, enggak mungkin wali kota diapa-apain,” tutupnya.

Sebelumnya, Helldy mengutus Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin untuk mengikuti RDP soal rotasi posisi Setwan. Menurut Maman, Helldy sedang memenuhi undangan di Kecamatan Cibeber. “Saya mewakili beliau (Helldy Agustian-Red) acara rapat hari ini, beliau ada pelepasan atau apa yah,” terang Maman.

Meskipun dijadwalkan ulang, Maman bilang, tak menutup kemungkinan ia akan kembali ditugaskan Wali Kota Cilegon untuk kembali hadir di tempat dewan lagi.”Ya mungkin bisa jadi saya nanti,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments