Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHumanioraAjak Warga Produktif, KT Warnasari Budidayakan Stroberi di Rumah

Ajak Warga Produktif, KT Warnasari Budidayakan Stroberi di Rumah

CILEGON.BCO.CO.ID – Berbagai program untuk menghijaukan lingkungan terus diupayakan warga Kota Cilegon dalam rangka meningkatkan produktivitas maupun inovasi di tengah padatnya industri yang ada di daerah ujung barat Pulau Jawa ini. Seperti yang dilakukan para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Kelurahan Warnasari periode 2021-2026 yang konsen dalam aksi penghijuan wilayah dengan sistem menguntungkan secara ekonomi maupun secara program produktivitas.

Diketahui, Karang Taruna Kelurahan Warnasari saat ini memiliki program unggulan guna mengatasi permasalahan panasnya cuaca di wilayah ini dengan cara membudidayakan tanaman buah stroberi dengan metode urban farming. Hal ini dilakukan lantaran wilayah di lokasi tersebut kini sudah padat oleh rumah-rumah warga.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Warnasari Febrian Romadon menyampaikan, tanaman stroberi dipilih untuk dibudidayakan karena bisa tumbuh di dalam polybag dan disimpan di setiap rumah. “Stroberi ini tidak memerlukan lahan yang luas, jadi kita programkan pertanian urban farming untuk menyerap panas karena wilayah kita inikan sudah padat. Dan ternyata, tanaman ini cukup subur tumbuhnya walaupun wilayah kita ini panas cuacanya,” kata Febrian Romadon, Ketua KT Kelurahan Warnasari, ditemui BCO Media, Kamis 10 Maret 2022.

Febrian mengatakan, perawatan yang mudah bagi tanaman ini juga diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi bertani dengan cara yang lebih modern tanpa mengganggu aktivitas utamanya. “Yang kita inginkan itu, banyak masyarakat yang tertarik untuk bergabung dalam program kita. Harapan tinggi saya pengen kalau wilayah Warnasari ini jadi sentra pertanian urban farming terbesar di Cilegon,” katanya.

Masih kata Febri, pihaknya juga memiliki banyak program lain dalam menjalankan organisasinya yang akan dilakukan secara bertahap bersama dengan para anggotanya. “Alhamdulilah, ada beberapa program unggulan juga yang kita gagas sama teman-teman anggota kami yang kompak ini. Yang jelas saat ini, kami ingin fokus dulu pada kegiatan urban farming ini,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments