Rabu, Juli 24, 2024
BerandaParlemenAda Generasi Muda Apatis Terhadap Politik, Nurrotul Uyun Sebut Berpolitik Itu Simpel...

Ada Generasi Muda Apatis Terhadap Politik, Nurrotul Uyun Sebut Berpolitik Itu Simpel dan Mencerdaskan

CILEGON.BCO.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat daerah termasuk Kota Cilegon, saat ini sedang melakukan seleksi untuk peneriman anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK). Itu artinya pemilihan umum sudah dekat dan dijadwalkan dilaksanakan pada awal 2024. Pemilu erat kaitannya dengan politik praktis dan banyak generasi muda yang masih apatis terhadap dunia politik. lantas bagaimana menurut politisi yang saat ini sudah manggung di DPRD Kota Cilegon.

Politisi PKS yang saat ini menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun mengatakan bahwa di Indonesia menganut sistem demokrasi yang penentuan pengambil kebijakan dari mulai tingkat daerah hingga pusat, baik bupati, walikota, gubenur, presiden, tak terkecuali anggota parlemen, itu ditentukan melalui proses politik.

“Di Indonesia ini kan menganut sistem demokrasi. Seperti anggota DPRD juga kan dipilih oleh masyarakat secara demokrasi pada saat pemilu legislatif itu harus dicalonkan oleh partai politik. Kepala daerah dan presiden pun konstitusi kita mengatur harus diusung oleh partai politik. Jadi, anggota DPRD sebagai wakil rakyat yang bertugas menerbitkan aturan, mengontrol kinerja eksekutif dan mengatur penganggaran, kemudian dipilih masyarakat, itu hasil dari proses politik. Pun demikian dengan kepala daerah hingga presiden yang menjalankan proses pemerintahan, memastikan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, itu melalui proses politik. Jika anak muda, orang-orang baik tabu terhadap politik, itu gimana jadinya daerah atau negara kita, dan siapa nanti yang melanjutkan estafeta pemerintahan ke depan,” ujar Uyun, Jum’at 9 Desember 2022.

 

Menurut Uyun, politik itu simpel, tidak ribet, mencerdaskan, dan tidak perlu ditafsirkan sebagai sesuatu yang berat. “Berpolitik itu sebenarnya simpel, berpolitik itu adalah mencerdaskan. Politik itu bagaimana mengkomunikasikannya. Jika para politisi pada saat berinteraksi dengan masyarakat, kemudian penjelasannya mudah dipahami, politik menjadi simpel. Politik itu tidak perlu dibuat sebagai sesuatu yang mencemaskan. Politik itu adalah strategi pengambilan keputusan yang muaranya untuk kemajuan daerah dan tentu saja bagaimana kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” Uyun menuturkan.

Terkait masih adanya generasi muda yang apatis terhadap politik, Uyun menyebut itu hal wajar, karena masih banyak hal yang perlu diinformasikan soal pentingnya politik di Indonesia. “Generasi muda yang masih apatis terhadap politik itu wajar. Oleh karenanya, edukasi politik itu penting untuk terus dilakukan oleh setiap orang, sampaikan bahwa politik itu baik dan sangat penting. Para politisi juga harus terus melakukan edukasi, ditambah dengan membuktikan ke masyarakat dengan kinerja-kinerja politik yang sesuai ketentuan dan menjawab harapan masyarakat. Sekali lagi bahwa tujuan utama berpolitik sesungguhnya adalah untuk kemakmuran bangsa,” pungkas Uyun. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments