Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaPendidikanUnival Alkhairiyah Diresmikan, Cilegon Miliki Universitas Swasta Pertama

Unival Alkhairiyah Diresmikan, Cilegon Miliki Universitas Swasta Pertama

CILEGON, BCO.CO.ID – Penggabungan dua lembaga sekolah tinggi menjadi universitas dibawah naungan Yayasan Al Khairiyah Citangkil akhirnya direstui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat & Banten Prof. Dr. Uman Suherman mengatakan, Universitas Al-khairiyah (Unival) mendapat izin sebagaimana yang tercantum dalam surat nomor 1247/M/2020 yang dikeluarkan Kemendikbud.

Ia berharap, tak hanya menjadi yang pertama di Cilegon tapi juga menjadi yang utama, ditambah dengan konsep kampus merdeka. Tekait akreditasi, ia optimistis Universitas Al-khairiyah akan mendapat akreditasi yang baik, sebab berkaca pada dua sekolah tinggi sebelumnya.

“Akreditasi kan bagus sebelumnya. Kalau prodi tetap maka universitas nanti lain lagi, harus membangun lagi. Akreditasi itu jaminan mutu yang ada di kampus,” kata Uman Suherman.

Tak hanya memberikan izin, Uman juga menekankan agar Universitas Al Khairiyah mengedepankan kualitas dosen, dengan harapan lulusan Universitas Al-khairiyah memiliki kejelasan yang tak hanya berupa nilai, tapi seluruh aspek kecerdasan dalam kehidupannya.

“Tak hanya menghasilkan banyak lulusan, tapi harus jadi orang bermanfaat bagi masyarakat. Peluang ini harus diambil, ini kampus pertama harus jadi rujukan masyarakat. Kompetisi ini harus menang tapi disempurnakan kelebihan yang dimiliki dan jadi kebanggaan semua orang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PB Al-khairiyah Ali Mujahidin akan segera melakukan migrasi atau perpindahan yang berkaitan dengan administrasi atau hal lainnya. Menurutnya, secara kelembagaan sudah tidak ada lagi STIE ataupun STIKOM, tapi Universitas Al-khairiyah (UNVAL).

“Disini ada 3 fakultas, yakni Ekonomi dan bisnis, informatika serta teknik, yang dimana pada fakultas teknik ada prodi teknik industri dan teknik kimia, ini SK-nya ada 6 prodi ini. Kita akan sebarkan ke masyarakat Cilegon bahwa Cilegon punya universitas,” kata Ali Mujahidin, Ketua PB Al-khairiyah.

Ali Mujahidin berharap, dengan adanya UNVAL dapat memberikan kontribusi untuk Kota Cilegon. Terutama soal mencetak SDM dengan biaya terjangkau. Dimana, Universitas ini akan mencetak generasi emas di masa yang akan datang.

“Susunan rektorat sudah disusun tinggal dirapatkan kembali, kita ingin menekan biaya agar terjangkau dan melengkapi sarana dan prasarana dari gedung, hingga laboratorium untuk keteknikan. Untuk meyakinkan bahwa ini lah tempat membangun SDM masa depan,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments