Selasa, Juli 16, 2024
BerandaPeristiwaSoal Kebakaran KMP Royce, Ini Kata Danlanal Banten

Soal Kebakaran KMP Royce, Ini Kata Danlanal Banten

CILEGON.BCO.CO.ID – Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, bersama Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyatno, serta Dandim 0623 Cilegon Letkol (Inf) Aryo Priyoutomo Soedojo, mendatangi KMP Royce yang terbakar di Perairan Merak, Kota Cilegon, pada Minggu 7 Mei 2023.

Kedatangan mereka itu untuk melihat secara langsung kondisi kapal pasca terbakar pada Sabtu sore 06 Mei 2023 kemarin. Sementara pantau wartawan di lokasi, pada lambung bawah kapal kondisinya tampak hangus terbakar. Ada beberapa kendaraan yang ludes dilalap si jago merah saat kebakaran terjadi.

Meskipun begitu, pada bagian dek atas (Upper Deck) sejumlah kendaraan milik penumpang kondisinya masih bagus. Kapal nahas itu selanjutnya ditandu menggunakan dua buah kapal tugboat untuk ditarik ke Dermaga III Pelabuhan Merak.

Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin mengatakan, kapal yang sudah sandar di dermaga itu masih harus dilakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak adanya titik api.

“Saat ini kapal sudah sandar di dermaga tiga, sementara kita masih melakukan pengecekan dulu ke dalam memastikan lagi titik api sudah benar-benar aman. Kapal aman untuk pelaksanaan evakuasi,” kata Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin. []

Dia bilang, kendaraan milik penumpang yang masih bagus, akan dievakuasi dari dalam kapal tersebut. Sementara bagi kendaraan yang hangus terbakar, masih tetap berada di dalam kapal untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Untuk penyebab kebakaran, nantinya akan diselidiki oleh Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). “Nanti beberapa kendaraan sudah bisa distribusi keluar, kemudian yang masih titik dari kebakaran tersebut nanti masih akan dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut,” jelasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments