Rabu, Juli 24, 2024
BerandaHukum & KriminalResmikan Rumah Restorative Justice di Cilegon, Kejati Banten Sampaikan Hal Ini

Resmikan Rumah Restorative Justice di Cilegon, Kejati Banten Sampaikan Hal Ini

CILEGON.BCO.CO.ID – Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, serta Plt Kejari Cilegon Lanna Hany Wanike Pasaribu, meresmikan Rumah Restorative Justice pertama yang dibangun di Kota Cilegon, tepatnya di Kecamatan Grogol pada Kamis 23 Juni 2022.

Rumah Restorative Justice sengaja dibangun untuk menyelesaikan masalah seputar hukum yang bersifat ringan dan cukup diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Dalam pelaksaan nanti, Rumah RJ akan menjadi lokasi peneyelesaian kasus tindak pidana ringan antara korban dan pelaku yang di dampingi tokoh masyarakat dan Aparat Penegak Hukum (APH).

Kepala Kejati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, ada beberapa hal yang dapat diselesaikan di Rumah Restorative Justice, yakni ancaman pidananya tidak lebih dari lima tahun dan nilai kerugiannya tidak lebih dari Rp2,5 juta rupiah. “Tetapi kita bisa melihat lagi masih ada pertimbangan di atas Rp2,5 juta, kemudian pelakunya merupakan pelaku yang tidak pernah melakukan tindak pidana. Tapi syarat utama adalah, kita akan hentikan penuntutan apabila korban itu memaafkan dan menerima. Karena ini pemulihan kembali seperti semula,” ujar Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Eben menjelaskan, sepanjang tahun 2021-2022 terdapat 11 perkara yang telah diselesaikan melalui Rumah RJ di Banten. Sementara untuk tahun 2022, terdapat 7 perkara yang telah diselesaikan. “Tadi saya sudah sampaikan sudah 11 perkara untuk tahun 2020-2021, untuk tahun ini baru ada sekitar 7 perkara yang sudah dilakukan Restorative Justice,” jelasnya.

Diharapkan, keberedaan Rumah RJ dapat mengedenpankan pemulihan kembali pada keadaan semula dan mengembalikan pola hubungan masyarakat. Eben juga berharap, Rumah RJ ini bisa berada di setiap kecamatan di Kota Cilegon untuk memudahkan dalam mengakomodir perkara tindak pidana ringan. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments