Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaInfrastrukturPondasi Penahan Tanah Rendah, Akses Ini Kerap Tertimbun Lumpur Saat Hujan

Pondasi Penahan Tanah Rendah, Akses Ini Kerap Tertimbun Lumpur Saat Hujan

CILEGON.BCO.CO.ID – Sebuah postingan video beredar luas di jejaring media sosial facebook yang memperlihatkan genangan lumpur menutupi jalan atau akses bagi anak sekolah di Lingkungan Sabrang, RT 03 RW 07, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Dalam video yang di posting itu, sejumlah ibu-ibu tampak membersihkan lumpur tanah merah yang terbawa oleh air saat hujan berlangsung. Usut punya usut, ternyata peristiwa itu terjadi pada Kamis pagi kemarin 10 Desember 2021.

 

Ketua RT 03/07 Lingkungan Sabrang, Dadang mengatakan, bentuk permukaan tanah di wilayah ini dominan berbukit yang membuat pondasi penahan tanah untuk saluran di kawasan ini sering tertutupi lumpur dari pebukitan yang terkikis oleh air saat hujan turun. Di wilayah ini juga diakui Dadang, merupakan akses alternatif menuju Lingkungan Cipala dan sering dilalui anak-anak sekolah yang belajar di SD Negeri Tanjung Sekong. “Sebenarnya bukan longsor, tapi karena diatasnya banyak warga yang bertani karena pondasi tanahnya lebih rendah jadi kalau hujan lumpurnya sering terkikis dan menutup akses anak-anak yang mau ke sekolah,” kata Dadang, Ketua RT 03/07 Link Sabrang, kepada BCO Media, Jum’at 10 Desember 2021.

 

Dadang menjelaskan, pagi tadi ia bersama warga harus bergotong royong membersihkan lumpur tanah merah yang menutupi jalan setebal 15 centimeter tersebut. Dikatakan, ia juga menyarankan agar dilakukan peninggian pondasi agar tanah dari perbukitan tidak turun ke jalan ini. “Tadi sama warga gotong royong, lumayan tebal lumpurnya. Ya kalau ditanya butuh bantuan mh ya butuh, tinggiin lagi pondasinya biar enggak turun lumpurnya,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments