Selasa, Juli 16, 2024
BerandaPolitikPemilu Serentak Digelar 2024, KPU Antisipasi Penyebaran Hoax

Pemilu Serentak Digelar 2024, KPU Antisipasi Penyebaran Hoax

CILEGON.BCO.CO.ID – Pemilu serentak mulai dari Pileg, Pilkada, hingga Pilpres bakal digelar secara serentak di tahun 2024 mendatang. Pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu diprediksi bakal direcoki oleh informasi-informasi bohong (Hoax) hingga isu sara.

Oleh sebab itu, KPU Provinsi Banten dan KPU Kota Cilegon selaku penyelenggara pemilu meminta masyarakat untuk tidak mudah mempercayai informasi yang beredar tanpa adanya penjelasan lengkap.

Komisioner KPU Provinsi Banten Eka Setialaksmana mengatakan, isu sara hingga berita bohong akan digunakan oleh peserta pemilu hingga simpatisannya untuk kepentingan politik. “Analisis kita tentang masih akan maraknya penyebaran hoax, kemudian disinformasi dan politik identitas atau sara. Kemungkinan akan digunakan oleh para peserta pemilu, atau setidaknya tim kampanye atau mungkin simpatisan dari para calon ini,” ujar Eka Setialaksmana, Komisioner KPU Provinsi Banten, di salah satu hotel di Kawasan JLS Cilegon, saat kegiatan FGD bersama wartawan, Selasa 28 Juni 2022.

Karena hal ini, Komisi Pemilihan Umum telah melakukan berbagai upaya guna menangkal informasi yang menyesatkan. “KPU telah melakukan upaya yang terukurlah kira-kira begitu, baik dari sisi hubungan antar lembaga maupun dalam rangka prasarana kita untuk bisa menangkal isu-isu yang bersifat hoax maupun disinformasi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Kota Cilegon Sehabudin menyebut, serangan hoax lumayan cukup tinggi dapat berdampak pada hasil legitimasi Pemilu. “Kita kalau flashback ke belakang betapa luar biasa hoax itu dari yang dibangun dari orang-orang yang bertanggung jawab sehingga mungkin dalam hal ini legitimasi hasil pemilu itu akan menjadi perdebatan,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat untuk mencari kebenaran informasi dari KPU sendiri. Bahkan, di KPU sendiri masyarakat dapat mengajukan permohonan data. “Sebenarnya di kita sudah ada, bahkan mungkin permohonan data dan segala macam di KPU sudah ada,” terangnya.

Forum Group Discussion ini digelar KPU bersama wartawan untuk menangkal disinformasi terkait pelaksanaan Pemilu nanti. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments