Selasa, Juli 16, 2024
BerandaInfrastrukturPaguyuban Tukang Kuda Delman Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Bunderan Perumnas

Paguyuban Tukang Kuda Delman Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Bunderan Perumnas

CILEGON.BCO.CO.ID – Belasan anggota Paguyuban Kuda Cilegon terutama komunitas andong di Bunderan Perumnas Cibeber, Kota Cilegon, tepatnya di Jalan Nuri atau samping Kantor PDAM Cilegon Mandiri, tampak bahu membahu bergotong royong memperbaiki jalan rusak di kawasan tersebut, Selasa malam 15 Februari 2022.

Jalan rusak dengan sejumlah lubang besar itu tampak ditutup dengan batu bata serta disiram adukan semen dan pasir, yang sebelumnya sudah diangkut menggunakan andong yang ditarik kuda itu.

Ketua Paguyuban Kuda Cilegon Edy Kiswanto mengatakan, aksi tersebut merupakan aksi swadaya dari pengendara andong di wilayah ini karena melihat kondisi jalan yang dibiarkan rusak. “Dari uang kas yang sudah diadakan andong, artinya iuran,” ujar Edy Kiswanto.

Edy menuturkan, pihaknya ingin berpartisipasi dalam perbaikan jalan rusak yang ada di lokasi ini. Sebab, wilayah ini juga merupakan kawasan para pengendara andong untuk mengais rezeki.”Kita terketuk dari paguyuban sendiri, mungkin dari pemerintah dananya belum ada. Jadi kita adakan kegiatan ini,” ujarnya.

Semua bahan material yang digunakan untuk perbaikan itu, lanjut Edy, dibawa menggunakan andong. Karena kegiatan itu, operasional pengedara andong terpaksa diliburkan untuk kegiatan perbaikan jalan itu. “Adanya andong, semuanya diangkut pakai andong. Libur dulu kalau operasional,” imbuhnya.

Edy mengaku, dengan kegiatan tersebut para pengendara andong tidak hanya dipandang mengais rezeki saja. Namun ada timbal balik kepada masyarakat di wilayah mereka meraup pundi-pundi rupiah.”Ada timbal balik yang kita lakukan untuk masyarakat juga,” pungkas Edy. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments