Minggu, April 21, 2024
spot_img
BerandaPolitikMutakhirkan Data Pemilih, Ini yang Dilakukan KPU Cilegon

Mutakhirkan Data Pemilih, Ini yang Dilakukan KPU Cilegon

CILEGON, BCO.CO.ID – Meskipun tahun ini tidak ada kegiatan pemilihan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon tetap rutin menggelar rapat internal pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Dalam rapat yang dilaksanakan di Kantor KPU Kota Cilegon itu, mendapatkan hasil untuk DPB pada Mei bertambah 430 pemilih.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi menjelaskan, kegiatan rapat internal pemutakhiran tersebut rutin digelar setiap awal bulan. Sebab, karena data pemilih dinamis ada yang pindah atau datang, meninggal, pensiun bagi TNI dan Polri. “Kami butuh partisipasi masyarakat untuk terus melakukan pemutakhiran. Sekarang ada bertambah sebanyak 430 pemilih,” kata Irfan Alfi, Kamis 03 Juni 2021.

Dijelaskan, pertambahan sebanyak 430 pemilih itu merupakan hasil dari DPB yang sebelumnya sebanyak 297.917 pemilih ditambah pemilih baru 512 pemilih lalu dukurangi pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) 82 pemilih, sehingga jika ditotal jumlahnya sekarang 298.347 pemilih. “Sekarang untuk Mei yang kami rapatkan awal Juni sebelumnya ada 297.917 pemilih bertambah menjadi 298.347,” jelasnya.

iklan

Sementara itu, Kepala Divisi Data dan Informasi KPU Kota Cilegon Mulya Mansur mengatakan, kedepan KPU Kota Cilegon akan mengembangkan pemutakhiran lewat aplikasi Sistem Daftar Pemilih Berkelanjutan (Siluber). Hal itu untuk lebih memudahkan pemutakhiran data. “Masih dikembangkan, mungkin pada pekan kedua (Juni) sudah diluncurkan. Kami masih terus melakukan pengembangan,” terangnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments