Rabu, Juli 24, 2024
BerandaHukum & KriminalMaling Kotak Amal di Wates Telu Diamankan Polisi

Maling Kotak Amal di Wates Telu Diamankan Polisi

BCO.CO.ID – Unit Reskrim Polsek Purwakarta mengamankan seorang pelaku percobaan pencurian kotak amal di salah satu masjid di Lingkungan Wates Telu, Kelurahan/Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

Pelaku berinisial AM (17), warga Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, itu sebelumnya ditangkap oleh warga setempat yang memergoki aksinya pada Selasa subuh 9 Januari 2024.

Dalam aksinya, pelaku berusaha membobol kunci kotak amal dengan menggunakan kawat. Namun, aksinya tak berhasil lantaran dipergoki warga.

Kapolsek Purwakarta IPTU Iwan Sofiyan melalui Kanit Reskrim Polsek Purwakarta, IPDA Januar Ali Hamzah mengatakan, pelaku sempat melarikan diri saat dipergoki warga ke arah dalam tol.

Pelaku juga sempat meninggalkan sepeda motor yang dipakainya di lokasi kejadian untuk menghindari warga. “Pelaku meninggalkan motor yang dapat meminjam dari temannya, selanjutnya pelaku dan temannya (hendak-Red) mengambil motor di sekitar masjid. Dari situ pelaku mengakui perbuatannya,” kata IPDA Januar Ali Hamzah, Rabu 10 Januari 2024.

Menurut pengakuan AM, lanjut IPDA Januar, pelaku sudah dua kali melakukan aksi pencurian kotak amal di tempat dan waktu berbeda.”Iya betul, dari pengakuannya tapi yang pertama bukan di wilayah kami,” jelasnya.

Atas keinginan keluarga pelaku, kasus tersebut akan diselesaikan secara kekeluargaan atau dilakukan restorative justice. “Dari pihak keluarga juga sudah datang ke polsek, rencana siang ini di restorative justice,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, pelaku percobaan pencurian kotak amal, AM mengaku kapok karena tindakannya. Ia bilang, tidak akan mengulangi perbuatan serupa di lain waktu.

Aksi percobaan pencurian kotak amal dilakukannya karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, ia sendiri mengaku kerja serabutan. “Kapok bang, enggak lagi-lagi. Karena faktor ekonomi,” terang AM.

Di lain sisi, dia juga bilang, aksi itu dilakukannya karena pernah melihat pelaku pencurian. Sehingga, timbul keinginan untuk melakukan aksi serupa. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments