Rabu, Juli 24, 2024
BerandaPeristiwaKBR Brimob Polda Banten Identifikasi Kandungan Zat Kimia Pasca Kecelakaan Truk di...

KBR Brimob Polda Banten Identifikasi Kandungan Zat Kimia Pasca Kecelakaan Truk di Suralaya

CILEGON.BCO.CO.ID – Satbrimob Polda Banten yang memiliki kemampuan mendeteksi zat kimia atau tim Kimia, Biologi, dan Radioaktif (KBR) Satbrimob Polda Banten diturunkan langsung ke lokasi kecelakaan truk pengangkut bahan kimia didepan Ditpolairud Polda Banten, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon pada Minggu, 26 Juni 2022 sekitar pukul 00.30 WIB.

Dalam kegiatan pengecekan pasca kecelakaan truk pengangkut bahan kimia ini dipimpin langsung oleh
Kepala unit (Kanit) 1 Subden 3 KBR Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten Ipda Aris Widodo yang memimpin langsung pengecekan tersebut menyampaikan, dalam kegiatan itu pihaknya menerjunkan 1 unit KBR dengan menggunakan alat proteksi untuk masing-masing personil yang dilengkapi alat deteksi, dan 3 unit kendaraan khusus.

“Pada pukul 00.30 WIB, tim KBR tiba di lokasi kecelakaan tepatnya didepan Ditpolairud Polda Banten, kemudian pukul 00.50 WIB, tim KBR mulai melaksanakan pengambilan sampel, dan pada pukul 01.00 WIB, penanganan dan pengambilan sampe telah dilaksanakan,” terangnya.

Aris menambahkan, dalam upaya penanganan yang dilakukan tim KBR Satbrimob Polda Banten pasca kecelakaan truk pengangkut bahan kimia, adalah dengan cara menyiram cairan kimia dijalan dengan air guna membersihkan cairan kimia agar tidak tersebar dijalanan.

“Setelah dilakukan pengecekan menggunakan alat pendeteksi Hazmat id, telah teridentifikasi bahan kimia Sodium Carbonate, Antacid, Tris (Hydroxymenthly) Phosphine Oxide, 2-Amino-5-Chlorothiazole Hydroch, dan Choromium Sulfate. Dimana untuk zat-zat tersebut tidak berbahaya bagi lingkungan manusia, dan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan turut prihatin atas peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar saat mengemudikan kendaraan dijalan tetap waspada dan berhati-hati serta selalu mengecek kendaraan sebelum beraktifitas.

Sigit juga meminta agar pengendara disiplin dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Diberitakan sebelumnya, truk bermuatan 12 ton cairan hydrochloric (Hcl) yang dikendarai KA (24), dengan nomor polisi B 9448 XJ, mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Suralaya-Merak tepatnya di depan kantor Polair Suralaya Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon Banten pada Sabtu, 25 Juni 2022 sekira pukul 16.30 WIB.

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Admojo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, hanya kerugian materi sebesar Rp10.000.000.

Yusuf menambahkan, untuk mengevakuasi kendaraan yang mengalami kecelakaan, pihaknya menggunakan alat berat dan juga memanggil pihak berwenang terkait keamanan cairan tersebut agar tidak membahayakan pengendara lain.

“Penanganan sementara, petugas menaburkan pasir dan kapur di area yang terkena cairan serta mengevakuasi kendaraan,” jelasnya.[]

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments