Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaCuacaIni Penjelasan Lengkap BMKG Soal Kondisi Gelombang di Perairan Pelabuhan Merak

Ini Penjelasan Lengkap BMKG Soal Kondisi Gelombang di Perairan Pelabuhan Merak

CILEGON.BCO.CO.ID – Dalam waktu beberapa hari terakhir, cuaca ekstrem menerjang wilayah perairan Merak, Kota Cilegon, yang menimbulkan sejumlah peristiwa maupun gangguan pelayaran di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Terbaru, sejumlah kapal ferry mengalami kendala saat hendak bersandar di dermaga sehingga menimbulkan antrean panjang calon pengguna jasa di kawasan ini.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono saat dikonfirmasi menjelaskan, analisis meteorologi data angin dan gelombang menunjukkan jika kecepatan angin per tanggal 27 November 2021 mencapai kecepatan 25 knot yang berasal dari arah Barat Daya. Sementara gerak gelombang juga terpantau berasal dari Barat dengan ketinggian 0.75-1.25 meter.

“Berdasarkan analisis menujukkan adanya dorongan massa udara yang disebabkan adanya belokan angin disebelah Barat Daya Banten dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Banten. Faktor-faktor ini menyebabkan terjadinya angin kencang dan gelombang tinggi,” ujar Tarjono, Minggu 28 November 2021.

Karena adanya dorongan masa udara dan belokan angin di sebelah Barat Daya Banten dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia di sebelah Barat Daya Banten inilah, Tarjono menambahkan, dorongan udara ke wilayah Banten lebih signifikan.

Lebih lanjut dikatakan, potensi angin kencang masih akan terjadi dan menimbulkan gangguan-gangguan cuaca di daerah Banten seiring memasuki puncak musim hujan.

“Masih berpotensi terjadinya angin kencang mengingatk kedepan masuk puncak musim hujan sehingga akan berpotensi terjadinya gangguan-gangguan cuaca yang menyebabkan angin kencang di wilayah Banten,” tutupnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments