Rabu, Juli 24, 2024
BerandaCuacaBegini Penjelasan BMKG Soal Hujan Lokal di Cibeber

Begini Penjelasan BMKG Soal Hujan Lokal di Cibeber

CILEGON.BCO.CO.ID – Dalam beberapa hari terakhir, Kota Cilegon dan sebagian wilayah di Kabupaten Serang mengalami fenomena hujan yang tidak seperti biasanya. Pasalnya, hujan tersebut terjadi hanya di wilayah tertentu namun dengan kondisi cuaca dominan cerah atau biasa disebut dengan fenomena hujan lokal.

Misalnya saja di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, pada Sabtu 16 April 2022 kemarin. Dalam video yang beredar di jejaring media sosial itu tampak sebagian jalan ini basah karena hujan, namun sebagiannya lagi dalam kondisi panas.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono mengungkapkan, saat ini beberapa wilayah di Banten tengah berada di Zona Musim (ZoM 58) yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kab/Kota Serang dan Kota Cilegon. Wilayah-wilayah ini sudah memasuki awal musim kemarau pada Dasarian ke II bulan April 2022.

Meskipun demikian, potensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih bisa terjadi pada siang dan sore hari. “Dan potensi hujan ini bersifat seporadis, artinya semisalkan di daerah kita berada terjadi hujan tetapi di daerah sebelah tidak hujan, mungkin bahkan panas,” ujar Tarjono.

Dijelaskan, kondisi tersebut dapat terjadi disebabkan karena awan konvektif atau awan yang mengandung uap air yang terbentuk tidak terlalu luas atau banyak. “Potensi seperti itu bisa terjadi kapan dan dimana saja, sebagaimana kita ketahui di musim kemarau pun masih bisa terjadi hujan atau sebaliknya, di musim penghujan sesekali terjadi cuaca cerah atau panas,” jelasnya.

Tarjono menyebut, fenomena itu merupakan fenomena alam biasa dari perubahan iklim, dimana salah satu tanda bergesernya awal musim hujan atau kemarau. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments