Jumat, Juli 12, 2024
BerandaLingkunganAntisipasi Banjir Saat Musim Penghujan, DLH Cilegon Ajak PU dan Perkim Bersihkan...

Antisipasi Banjir Saat Musim Penghujan, DLH Cilegon Ajak PU dan Perkim Bersihkan Sungai

BCO.CO.ID – Menjelang musim penghujan yang diprediksi oleh BMKG terjadi di November 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) Kota Cilegon guna membersihkan saluran air seperti drainase dan sungai dari sampah yang berpotensi menyumbat dan menyebabkan banjir.

iklan

Kabid Pengelolaan dan Pengawasan Sampah DLH Kota Cilegon, Muhriji menyebutkan, hampir semua wilayah kecamatan di Kota Cilegon berpotensi banjir. Seperti di Kecamatan Cibeber, Jombang dan Kecamatan Ciwandan serta beberapa kecamatan yang lainnya. Menurutnya, sampah dan pengdangkalan saluran air merupakan masalah terjadinya banjir.

“Kami untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan, akan berkoordinasi dengan beberapa stakeholder terkait di Cilegon. Seperti PUPR maupun Perkim. Koordinasi itu sifatnya secepatnya, karena emang akhir Oktober ini penghujung kemarau atau awal November, Desember mulai musim penghujan,” ujar Muhriji, dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin 23 Oktober 2023.

Dia bilang, masih adanya bangunan liar di sepanjang sungai dan irigasi dan minimnya kesadaran masyarakat terkait membuang sampah pada tempatnya juga merupakan penyebab terjadinya banjir. Oleh karena itu, Muhriji mengimbau warga agar tidak membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan lingkunganya masing-masing. Dengan demikian, diharapkan terjadinya banjir pada saat musim hujan di Kota Cilegon dapat diminimalisir.

“Sebetulnya kalau bicara soal sampah itu dari hulu ke hilir itu kita sudah tahu, penyebabnya itu masih seputar kesadaran masyarakat itu sendiri dan masih adanya bangunan liar yang tidak tertata di sepanjang aliran sungai maupun irigasi yang ada di Cilegon. Makanya kami lagi gencar-gencarnya mensosialisasikan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments