Rabu, Juli 24, 2024
BerandaPolitik552 Bacaleg Bakal 'Bertempur' di Pileg 2024, Ketua KPU Cilegon: Tunggu Tahap...

552 Bacaleg Bakal ‘Bertempur’ di Pileg 2024, Ketua KPU Cilegon: Tunggu Tahap Verifikasi

CILEGON.BCO.CO.ID – Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, bakal calon legislatif (Bacaleg) yang didaftarkan 18 partai politik untuk Pemilu Legislatif 2024 di Kota Cilegon mencapai 552 orang. Ratusan Bacaleg itu akan ‘bertempur’ di empat daerah pemilihan memperebutkan suara rakyat untuk duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kota.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alvi mengatakan, ratusan Bacaleg tersebut berasal dari berbagai latar belakang seperti politisi, pengusaha, hingga tokoh masyarakat. “Untuk total per tanggal 14 Mei 2023 kemarin, itu ada 552 orang,” kata Irfan Alvi, Ketua KPU Kota Cilegon, kepada BCO Media, Jum’at 19 Mei 2023.

Dia menjelaskan, data tersebut sesuai data yang diajukan oleh partai politik atas persetujuan DPP. Saat ini lanjut Irfan, KPU masih melakukan tahapan verifikasi administrasi menuju tahapan DCT.

“Kita masih tunggu tahapan verifikasi administrasi ini, karena pada saat proses-proses tahapan menuju DCT semua masih diumungkinkan berubah,” terangnya.

Irfan menambahkan, sebelum tahapan DCT, perubahan masih bisa dilakukan seperti Bacaleg yang berpindah partai politik asalkan memenuhi syarat.”Sepanjang semua persyaratan terpenuhi, (Pindah Parpol-Red) itu dimungkinkan,” imbuhnya.

Diketahui pada Pemilu 2024 mendatang, para peserta calon legislatif akan memperebutkan 40 kursi di DPRD Kota Cilegon dengan rincian, Dapil I Jombang-Purwakarta sebanyak 10 kursi, Dapil II Cibeber-Cilegon sebanyak 10 kursi, Dapil III Citangkil-Ciwandan sebanyak 12 kursi, dan Dapil IV Pulomerak-Grogol sebanyak 8 kursi. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments