Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaEkonomi BisnisWarga Cikuasa Dalam Bangun Wisata Bernuansa Estetis di Bekas Galian

Warga Cikuasa Dalam Bangun Wisata Bernuansa Estetis di Bekas Galian

CILEGON, BCO.CO.ID – Memanfaatkan danau bekas galian batu yang terbengkalai, sejumlah warga di Lingkungan Cikuasa Dalam bersama Pemerintah Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, tengah membangun sebuah wisata terapung dengan konsep estetis.

Danau seluas kurang lebih satu hektare itu nantinya bakal disediakan pondok terapung hingga wahana bermain air. Tak hanya itu, spot foto dengan lokasi yang instagramable pun tengah dipersiapkan hingga bakal dibangunnya air terjun buatan dari tebing setinggi 20 meter tersebut.

Lurah Gerem Deny Yuliandi mengatakan, ide pembangunan wisata tersebut berawal dari diskusi bersama warga sekitar yang ingin memiliki spot wisata di tengah ramainya industri di kawasan ini. Tak hanya itu, pembangunan wisata yang ditargetkan selesai dalam waktu dekat itupun seluruhnya dilakukan secara swadaya oleh warga dan aparat Kelurahan Gerem.

iklan

“Kalau dibikinnya udah dari dua bulan lalu, semuanya swadaya dilakukan oleh warga sekitar. Karena di sinikan lokasinya cukup strategis juga. Ini kalau menurut saya udah 60 persen progresnya,” kata Deny Yuliandi, Minggu 20 Juni 2021.

Deny mengungkapkan, nantinya setelah selesai dibangun, kawasan ini diharapkan bakal menjadi tempat persinggahan yang spesial bagi pengunjung dan seluruhnya dikelola oleh warga sekitar. Selain itu, pusat kuliner hingga kafe akan tersedia demi memanjakan pengunjung.

“Jadi di tengah danau itu ada pondok terapung buat kafe, lalu kita juga rencana mau bikin air terjun buatan yang tentunya menambah kesan aesthetic wisata ini,” ujarnya.

Karena banyak keterbatasan dalam proses pembangunannya, Deny mengaku, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak industri yang ada di Kelurahan Gerem untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan wisata impian warga ini. “Meski serba terbatas, namun karena semangat warga yang antusias ini membuat saya tergerak untuk mengajak industri di wilayah kami agar senantiasa berbarengan menyelesaikan wisata impian ini,” ucap Deny.

Diharapkan, lokasi wisata ini dapat memicu dan menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi di wilayahnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments