Rabu, Juli 24, 2024
BerandaBencana AlamTerkait Daerah Rawan Banjir, BPBD Cilegon: Kita Tidak Lagi Responsif Tetapi Preventif

Terkait Daerah Rawan Banjir, BPBD Cilegon: Kita Tidak Lagi Responsif Tetapi Preventif

CILEGON.BCO.CO.ID – Bencana alam seperti banjir masih menjadi ancaman bagi sebagian wilayah di Kota Cilegon. Hal itu dikarenakan, sebagian wilayah Banten telah memasuki musim penghujan, dan bahkan BMKG beberapa kali mengeluarkan peringatan terhadap potensi cuaca ekstrem di akhir tahun 2022 ini.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di sejumlah titik di Kota Cilegon, BPBD Kota Cilegon saat ini tengah fokus terhadap aksi pencegahan agar Cilegon bisa bebas banjir. Hal ini dikatakan Kepala BPBD Kota Cilegon Nikmatullah, usai mengikuti Apel Siaga Bencana di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Selasa 27 Desember 2022.

“Untuk tahun sekarang ini, untuk kebencanaan ini kita tidak lagi responsif tetapi kita preventif. Artinya, sebelum terjadi kita sudah melakukan kesiapsiagaan,” ungkap Nikmatullah.

Dari hasil pemetaan, Nikmatullah menjelaskan, bencana hidrometeorologi seperti banjir masih perlu diwaspadai. Pihaknya juga telah mempersiapkan kebutuhan logistik apabila terjadi bencana alam. “Titik banjir kalau di kita tuh ada Ciwandan, Grogol, Pulomerak dan Jombang, sama Cibeber,” jelasnya.

Ia mengklaim, tahun ini tidak ada wilayah yang rawan banjir. Sebab kata Nikmatullah, infrastruktur sudah mulai baik. “Yang paling rawan kelihatannya untuk tahun ini enggak kelihat nih, karenakan infrastruktur udah diperbaiki. Tapi tetap banjir, waspada harus ada,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments