Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaPariwisataTempat Wisata Tetap Buka Saat Pandemi, Kapolri Minta Siapkan Posko

Tempat Wisata Tetap Buka Saat Pandemi, Kapolri Minta Siapkan Posko

CILEGON, BCO.CO.ID – Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan pejabat di Lingkungan Pemkot Cilegon meninjau posko penyekatan check point Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu 09 Mei 2021.

Rombongan yang tiba di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak itu langsung mendengarkan paparan terkait penyekatan dalam rangka peniadaan mudik yang berlaku dan diterapkan pemerintah di tahun kedua Pandemi Covid-19, dan dijelaskan langsung oleh anggota Polda Banten.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengatakan, dalam kegiatan lebaran kali ini akan ada aktivitas pergerakan orang di tempat wisata, yang mana hal itu telah menjadi komitmen bersama.

iklan

Meskipun begitu, Jendral Listyo menyebutkan, bahwa aktivitas pariwisata tidak boleh beroperasi di wilayah zona merah. “Di zona merah itu tempat wisata ditiadakan. Tolong di wilayah wisata yang tidak berbayar menjadi kunjungan masyarakat, untuk disiapkan posko. Sehingga pembagian masker dikuatkan. Khususnya di daerah-daerah yang nanti wilayah wisatanya di buka,” kata Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Mantan Kapolda Banten ini menuturkan, perlunya pengetatan dan penggunaan protokol kesehatan di tempat wisata untuk memastikan pengunjung tetap aman ketika sedang berekreasi. Selain itu, ia juga meminta anggota di institusi Polri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara acak kepada pengunjung yang datang ke tempat wisata.

“Sehingga masyarakat yang berkunjung, kita yakin seluruhnya memakai masker. Kemudian lakukan kegiatan pengecekan secara random, suhunya di periksa, sehingga kita yakin pengunjung yang masuk kondisinya aman. Hotel yang ada, untuk melaksanakan prokes yang sama,” terangnya.

Sementara itu di tempat sama, Dirlantas Polda Banten Kombes (Pol) Rudy Purnomo menyebutkan, akan ada pembatasan pengunjung di tempat wisata di setiap daerah di Banten. Bahkan, polisi juga bakal melibatkan Satgas Covid-19 untuk memantau dan mengawasi setiap wilayah tempat wisata. “Hanya 50 persen aja untuk di tempat wisata maupun di hotel, poskonya nanti kita siapkan menjelang tanggal 13 Mei,” ucap Kombes (Pol) Rudy Purnomo.

Karena wilayah Banten berada pada zona oranye dan zona kuning, lanjut Rudi, wiasata di Banten masih tetap dibuka dengan catatan pengunjung dibatasi. Selain itu, pengunjung di luar Banten seperti Jabodetabek dilarang untuk berwisata ke Banten. “Untuk sementara karena zonanya zona oranye sama kuning, jadi mungkin masih bisa dibuka kalau zona merah berarti tidak boleh,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments