Minggu, Juli 21, 2024
BerandaEkonomi BisnisSempat Melambung Naik, Ini Kondisi Terkini Harga Bahan Pokok di Pasar Kranggot

Sempat Melambung Naik, Ini Kondisi Terkini Harga Bahan Pokok di Pasar Kranggot

BCO.CO.ID – Sejumlah harga bahan pokok di Pasar Kranggot, Kota Cilegon, cenderung mengalami penurunan menjelang akhir tahun 2023.

Kepala UPTD Pasar Kranggot Dani Rahmat mengatakan, per hari ini Selasa 19 Desember 2023 harga bahan pokok mengalami perubahan, yang sebelumnya melambung naik cukup tinggi sekarang terjadi penurunan.

“Kalau kemarin kita mendapati harga cabai rawit merah itu Rp100 ribu sampai Rp110 ribu, ternyata sekarang sudah turun di angka Rp80-Rp85 ribu,” kata Dani Rahmat, Kepala UPTD Pasar Kranggot, Selasa 19 Desember 2023.

Dani bilang, komoditas cabai mengalami penurunan harga jual. Diperkirakan, penurunan harga ini berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per kilogram.

“Jadi kita bersyukur harga bukan naik tapi turun, bahkan harga ayam dan daging bisa dibilang stabil atau normal, masing-masing Rp40 ribu dan Rp130 ribu,” ungkapnya.

Dani menjelaskan, penurunan harga inj kemungkinan berkaitan dengan menjelang Hari Raya Natal 2023. Dia juga berujar, demografi masyarakat di Kota Cilegon yang berbeda dengan daerah lain sehingga adanya diferensiasi harga bahan pokok.

Meskipun demikian, Dani kembali bilang, hal yang mesti diantisipasi dari sekarang adalah lonjakan harga di Tahun Baru 2024 nanti. Sebab, pada H-1 Tahun Baru 2024, permintaan akan tinggi. Terutama pada ayam, daging dan jagung, sehingga ini memantik terjadinya kelonjokan harga.

“Pengalaman tahun sebelumnya, hari H-1 terjadi pembludakan masyarakat, mulai dari pagi sampai malam. Itu berarti kan permintaannya tinggi, saya kira akan berdampak pada peningkatan harga, mulai dari harga ayam, jagung, kemudian daging,” terangnya.

Ia berharap, setelah perayaan Tahun Baru 2024, harga bisa kembali normal yang terjangkau oleh masyarakat. “Ya mudah-mudahan di awal tahun 2024 harga bisa turun dan turun lagi,” tuturnya.

Sementara itu, pedagang bahan pokok di Pasar Kranggot Suriyadi, membenarkan adanya penurunan pada sejumlah bahan pokok. “Ada penurunan dari harga sebelumnyan, yang harga cabai rawit setan bisa mencapai Rp110 ribu, sekarang cuman Rp80 ribu,” ujar Suriyadi.

Pedagang lainnya, Edi mengatakan, harga ayam menjelang Natal relatif stabil atau normal, tidak ada kenaikan harga. “Normal sih, kisaran harga Rp37ribu sampai Rp40 ribu. Tetapi kemungkinan bisa naik saat Natal, bisa mencapai Rp42ribu sampai Rp45 ribu,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments