Rabu, Juli 24, 2024
BerandaEkonomi BisnisSemarak Kemerdekaan: Penjual Umbul-Umbul Menjamur di Kota Cilegon

Semarak Kemerdekaan: Penjual Umbul-Umbul Menjamur di Kota Cilegon

CILEGON.BCO.CO.ID – Kurang lebih tiga pekan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 77 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, penjual umbul-umbul atau bendera hingga pernak-pernik hiasan kain berwarna merah putih mulai menjamur di Kota Cilegon. Para pedagang ini tampak mewarnai area trotoar jalan raya untuk memasarkan barang yang mereka bawa.

Diketahui, ada berbagai jenis bendera hingga hiasan yang dijual dari mulai Rp5 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Keberadaannya pun dapat dengan mudah dijumpai di area-area jalan raya. Biasanya, para pedagang ini mulai membuka usahanya dari pagi hingga pukul 21.00 WIB.

Nunung, pedagang umbul-umbul yang ditemui BCO Media di Jalan Protokol Kota Cilegon mengungkapkan, ia sudah seminggu terakhir berjualan umbul-umbul. Namun meskipun begitu, baru ada tiga jenis umbul-umbul yang terjual. Nunung beralasan, usahanya masih sepi karena masih lamanya momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ini. “Kalau jualan ini mah musiman aja, kalau saya sama suami udah seminggu jualan. Saya disini, suami jualannya di Bonakarta. Baru tiga helai mas yang terjual, ada bendera ada yang lain juga,” ucap Nunung, Senin 25 Juli 2022.

Biasanya, lanjut Nunung, penjualan akan mulai meningkat ketika sudah memasuki bulan Agustus atau dua pekan menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Konsumen dari berbagai kalangan akan datang untuk membeli bendera hingga hiasan yang nantinya dipasang di rumah maupun untuk mempercantik kantor dan lingkungannya. “Biasanya mulai ramai itu di tanggal 01 Agustus mas, kalau sekarang kayaknya memang masih lama momennya,” terangnya.

Wanita paruh baya asal Cirebon Jawa Barat ini mengatakan, ia sudah dua tahun terakhir ikut berjualan umbul-umbul bersama suaminya. Dikatakan juga, rata-rata pedagang umbul-umbul biasanya merupakan warga dari daerah lain yang mencari peruntungan melalui kain dengan ornamen bendera kebangsaan ini. Menurut Nunung, warga biasanya lebih banyak membeli bendera merah putih untuk dipasang di rumah atau pada kendaraan. “Biasanya bendera berbagai ukuran, kalau yang kecil biasanya di pasang di antena mobil atau ada yang dipasang di rumah,” ucap Nunung menutup perbincangan. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments