Minggu, April 14, 2024
spot_img
BerandaEkonomi BisnisRibuan Janda dan Kaum Gen Z di Cilegon Jadi Pengusaha Kreatif

Ribuan Janda dan Kaum Gen Z di Cilegon Jadi Pengusaha Kreatif

BCO.CO.ID – Sebanyak 1.832 orang janda dan 575 orang Generasi Z di Kota Cilegon, menjadi pelaku usaha kreatif dalam sektor bisnis UMKM. Para pelaku usaha itu terbilang tangguh dalam menggerakkan ekonomi rakyat, sampai ada yang memiliki bisnis sebagai suplier bisnis minuman berskala nasional dari generasi Z.

Data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon tahun 2023 mencatat, ada 18.279 pelaku usaha UMKM yang memiliki nomor induk berusaha (NIB) dan bergerak pada delapan kategori usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon Didin Maulana mengungkapkan, pelaku usaha UMKM seperti janda dan generasi Z terbilang kreatif melihat peluang dan tangguh dalam berbisnis.

iklan

“Sebetulnya warga Cilegon itu kreatif-kreatif, seperti pengusaha sablon terus saya juga menemukan ada anak muda yang usahanya power drink dan bisa menyuplai buat perusahaan,” kata Didin Maulana, kepada wartawan, Jum’at 26 Januari 2024.

Didin menjelaskan, banyak anak-anak Gen Z Cilegon yang terjun di dunia usaha seperti cafe dan industri kreatif lainnya.”Lebih ke industri kreatif,” jelasnya.

Didin berharap, instansi tengah merencanakan pembinaan bagi para pelaku usaha itu untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah melalui program Bela Pengadaan.

“Yang sudah siap masuk ke Bela Pengadaan nanti kita seleksi lagi biar masuk ke Barjas masuk ke E-katalog, jadi harapannya bisa bekerja sama dengan instansi pemerintah,” imbuhnya.

Sekedar informasi, 18.279 pelaku usaha UMKM di Kota Cilegon juga telah menyerap 19. 431 orang. Tentunya, ini merupakan salah satu hal yang positif bagi pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja dalam upaya pengentasan pengangguran. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments