Selasa, Juli 16, 2024
BerandaPemerintahanRamaikan HPN ke 28, Diskominfo dan Jurnalis Cilegon Kunjungi Diskominfo Medan

Ramaikan HPN ke 28, Diskominfo dan Jurnalis Cilegon Kunjungi Diskominfo Medan

CILEGON.BCO.CO.ID – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Cilegon ikut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) ke-28 di Kota Medan, Sumatera Utara, 7-9 Februari 2023.

Dalam meramaikan momen tersebut, Diskominfo yang membawa belasan jurnalis asal Cilegon sekalian menyambangi Diskominfo Kota Medan. Kunjungan ini diterima langsung Kabid Aplikasi dan Telematika Diskominfo Kota Medan Ahmad Khaidir dan Plt Kabid Teknologi Informasi Diskominfo Kota Medan Juang Akbar Harahap beserta jajarannya.

Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana menyampaikan, kunjungan ke kantor Diskominfo Kota Medan sekaligus untuk mempelajari sistem SP4N serta berbagai program lainnya.

“Kami sekalian mempelajari sistem pelayanan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) Lapor, program satu data apakah sudah dilaksanakan, serta kemitraan media dan kerjasama dengan organisasi profesi wartawan apakah ada hibah atau tidak,” kata Didin S Maulana, Kepala Diskominfo Kota Cilegon, Selasa 7 Februari 2023.

Didin berharap hal-hal baik yang sudah diterapkan di Medan bisa diterapkan di Kota Cilegon. “Kami dengar dari ratusan pengaduan masyarakat Kota Medan berhasil menyelesaikan pengaduannya sampai 99 persen,” terangnya.

Menanggapi masalah yang dihadapi Diskominfo Cilegon, Ahmad Khaidir menjelaskan, bahwa pada dasarnya persoalan yang dihadapi relatif sama.

“Program satu data sudah kami laksanakan. Apalagi Medan sebagai pilot project satu data dari Bappenas. Kalau ada masalah kita tangani dengan data statistik. Alhamdulillah hubungan kita dengan BPS,” katanya.

Sementara, Juang Akbar Harahap menambahkan, program SP4N Lapor di Medan berjalan baik karena sudah terhubung ke seluruh OPD dan bagian.

“Ada 700-800 pengaduan pada tahun lalu, sebagian besar sudah terselesaikan. Pengaduan masuk admin, kemudian diverifikasi lalu ditindaklanjuti ke OPD terkait,” katanya.

Terkait kerjasama dengan media, kata dia, Diskominfo Medan terus mendorong agar para jurnalis lebih profesional. “Salah satunya kami memfasilitasi program uji kompetensi. Mereka yang sudah tersertifikasi kami prioritaskan untuk kerjasama,” kata Juang lagi.

Adapun terkait hibah anggaran kepada organisasi profesi, Juang mengaku bahwa hibah tersebut sudah tidak ada. “Dulu sebelum covid-19 ada, tapi sekarang tidak ada. Lagi pula rawan temuan,” katanya.

Sebagai informasi, pada peringatan HPN ke-28 di Kota Medan tahun ini, Diskominfo Kota Cilegon mengirimkan sebanyak 19 jurnalis. Mereka mewakili berbagai media dan dari berbagai organisasi profesi wartawan se-Kota Cilegon. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments