Selasa, April 16, 2024
spot_img
BerandaLingkunganPeringatan Hari Badak Sedunia, Relawan Angkut Setengah Ton Lebih Sampah dari Pulau...

Peringatan Hari Badak Sedunia, Relawan Angkut Setengah Ton Lebih Sampah dari Pulau Panaitan

CILEGON, BCO.CO.ID – Puluhan relawan dari Asosiasi Pokdarwis Pandeglang dan sejumlah relawan lainnya yang tergabung dalam kegiatan Beach Clean Up (Bersih Pantai) di Pulau Panaitan, Kawasan Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, berhasil mengangkut lima ratus kilogram lebih sampah di kawasan ini.

Sampah yang terdiri dari berbagai macam itu, dikumpulkan dan diangkut menggunakan trash yang yang total mencapai 80 kantong sampah.

“Kalau dikira-kira per 7Kg tiap karung, jumahnya kurang lebih setengah ton,” Hudan Zulkarnaen, kata Ketua Asosiasi Pokdarwis Pandeglang, Minggu 26 September 2021.

iklan

Kegiatan yang digelar selama dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu itu sekaligus diisi dengan berbagi ilmu dalam diskusi mempromosikan pariwisata di wilayah itu usai kegiatan Beach Clean Up.

Dijelaskan Huddan, 80 karung sampah merupakan bagian kecil yang diangkut lantaran keterbatasan alat. “Sampah yang paling mendominasi itu botol plastik dan kemasan air minum gelas, selanjutnya sampah kita angkut ke darat dan dievakuasi ke tempatnya,” ucap Hudan.

Sekedar informasi, Beach Clean Up adalah kegiatan yang diinisiasi oleh masyarakat penyangga TNUK, tanpa menggunakan anggaran APBN/APBD ataupun bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments