Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaMudik LebaranMulai 3-9 April 2024, Pemudik Motor Dialihkan ke Pelabuhan Pelindo Ciwandan

Mulai 3-9 April 2024, Pemudik Motor Dialihkan ke Pelabuhan Pelindo Ciwandan

BCO.CO.ID – Berdasarkan Surat Keputusan bersama untuk penyeberangan, mulai tanggal 3 April 2024 pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 9 April 2024 pukul 24.00 WIB, kendaraan roda dua dan truk golongan VI b serta golongan VII akan dialihkan ke Pelabuhan PT Pelindo Ciwandan, Kota Cilegon, pada momen angkutan lebaran 2024. Ini dilakukan, guna mengurangi kepadatan antrean di Pelabuhan Merak dalam melayani arus mudik lebaran.

General Manager Pelindo Regional 2 Banten, Yohanes W Situmeang mengatakan, PT Pelindo Regional 2 Banten berkomiten dan siap melayani arus mudik angkutan lebaran tahun 2024 dari Jawa ke Sumatera, dengan tujuan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. “Pelabuhan Ciwandan merupakan pelabuhan milik PT Pelindo (Persero) yang dipilih oleh pemerintah menjadi pelabuhan yang ditetapkan sesuai SKB untuk penyeberangan,” kata Yohanes W Situmeang, Selasa 26 Maret 2024.

Yohanes bilang, PT Pelindo Regional 2 Banten menyediakan fasilitas dermaga 05A, dermaga 03 dan dermaga 07 kemudian menyiapkan area lapangan parkir (buffer area) dan back up area untuk motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit dan area lapangan (buffer area) truk seluas 25.000 meter persegi dengan kapasitas 200 unit yang digunakan sementara dalam mendukung angkutan lebaran tahun 2024/1445 Hijriah.

iklan

Selain itu, Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu 2 orang dari Pelindo yang bertugas secara bergantian dan 2 unit kapal tunda dari Pelindo serta didukung juga kapal tunda dari BUP lain, yaitu PT Krakatau Bandar Samudera 1 unit kapal tunda dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri 1 unit kapal tunda serta fasilitas pendukung yang disiapkan dari Pihak ASDP seperti posko tenda bersama untuk aparat kemananan, toilet umum, ruang P3K dan tenda UMKM.

Kegiatan angkutan lebaran di Pelindo Ciwandan ini juga di dukung dari Instansi terkait penyediaan petugas kesehatan dan satu unit ambulance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten, penyediaan dari petugas KSOP Kelas I Banten, penyediaan petugas keamanan dari kepolisian setempat yaitu KSKP serta penyediaan dari Petugas BPTD Wilayah VIII Banten.

“Kami siap mendukung program pemerintah dalam kelancaran arus mudik di Pelindo Ciwandan, untuk mengurangi kepadatan lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak” ujarnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments