Selasa, Juli 16, 2024
BerandaKeagamaanMentan Pastikan Stok Hewan Kurban di Banten Aman dari Penyakit, Ini Kata...

Mentan Pastikan Stok Hewan Kurban di Banten Aman dari Penyakit, Ini Kata Sanuji

CILEGON.BCO.CO.ID – Guna memastikan stok hewan ternak untuk Idul Adha atau hari raya kurban aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK), Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo, menggelar agenda kunjungan ke Badan Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Cilegon, Sabtu 21 Mei 2022.

Hadir dalam kunjungan tersebut Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono dan juga Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta.

Dalam kunjungannya, Mentan memastikan stok hewan ternak untuk idul adha, aman dari PMK. “Selain itu, kami juga memastikan SOP (standar operasional prosedur) dan protokol aspek lalu lintas hewan ternak antar Provinsi, Kabupaten, dan Kota, sebagai upaya meminimalisir penularan PMK,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Untuk itu pihaknya menekankan agar truk muatan hewan ternak dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya, harus dilakukan sejumlah tahapan pengecekan, seperti penyemprotan dengan menggunakan metode tray disinfektan oleh BKP Kelas II Cilegon.

“Untuk itu pengecekannya akan lebih diperketat, dan jika ada truk muatan yang dinyatakan terinfeksi PMK, maka hewan tersebut akan dilarikan ke tempat instalasi karantina hewan untuk mendapatkan penanganan khusus dari BKP II Cilegon,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pihak Kementerian Pertanian. Ia berharap, upaya tersebut mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terkait konsumsi daging hewan.

“InsyaAllah kita menyambut Idul Adha dengan aman menyembelih hewan kurban di Cilegon. Kita support karantina untuk memeriksa distribusi hewan dari Jawa ke Sumatera ataupun sebaliknya. Saya harap masyarakat juga tidak panik, karena pemerintah terus bekerja,” singkatnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments