Selasa, Juli 16, 2024
BerandaAdvertorialKeren! Produk UMKM Cilegon Tembus Pasar Internasional

Keren! Produk UMKM Cilegon Tembus Pasar Internasional

CILEGON.BCO.CO.ID – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DiskopUMK) Kota Cilegon terus berupaya mengembangkan produk-produk UMKM yang dihasilkan para pelaku usaha agar dapat menjangkau konsumen secara luas. Dari 22 ribu UMKM di Kota Cilegon, terdapat sejumlah UMKM yang produknya sudah bisa menembus pasar mancanegara seperti Jepang, Amerika, dan Eropa dengan kategori produk makanan, fashion, hingga kerajinan.

Kasie Pemberdayaan UMKM pada DinkopUMK Kota Cilegon Teti Haryati mengatakan, baru-baru ini ada enam produk UMKM asal Kota Cilegon yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi UKM RI dikenalkan ke pasar luar negeri. Hal itu sebagai upaya untuk memacu perekoniam dari para pelaku usaha di daerah. “Sebetulnya ada beberapa produk yang sudah dibawa ke pasar Amerika dan China, itu ada enam produk kalau enggak salah,” kata Teti Haryati, kepada BCO Media, Senin 28 November 2022.

Dijelaskan, produk-produk yang dikenalkan di pasar luar negeri didominasi oleh produk cemilan (Snack) seperti keripik pisang hingga keripik daun singkong dan bakso pentol. Produk tersebut dikenalkan setelah lulus menjalani pemeriksaan dari berbagai persyaratan yang telah ditentukan pemerintah. “Ada enam produk yang lulus kurasi dari segi kemasan, standarisasi, hingga rasa dari produk tersebut,” jelas Teti.

Untuk menjangkau pasar, lanjut Teti, pelaku usaha didorong untuk memanfaatkan dunia digital agar produk yang dipasarkan bisa dikenal secara luas. Selain itu, pelaku usaha juga didorong agar kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya di dunia digital. Ia menambahkan, pihaknya juga membantu memasarkan produk UMKM melalui toko ritel. “Supaya UMKM juga bisa tambah maju dan berdaya saing,” ungkapnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments