Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLalu LintasKendaraan yang Lintasi JLS Dihitung, Dishub: Untuk Mendata

Kendaraan yang Lintasi JLS Dihitung, Dishub: Untuk Mendata

CILEGON.BCO.CO.ID – Sejumlah petugas Bidang Pengawasan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon melakukan kegiatan survei lalu lintas harian di ruas Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kota Cilegon. Hal ini dilakukan, guna menghitung beban volume kepadatan lalu lintas kendaraan yang melintas di jalur JLS.

Para petugas yang melakukan penghitungan kendaraan di JLS itu dilengkapi alat checker, penghitungan ini juga dilakukan secara bergantian.

Data dalam hasil rekapitulasi penghitungan Dinas Perhubungan Kota Cilegon selama 48 jam terakhir mentacatat, terdapat 19.160 unit kendaraan sepeda motor, 16.868 unit kendaraan mobil pribadi, 4.554 unit kendaraan angkutan umum, 16.509 unit kendaraan industri, dan 5.488 kendaraan over dimensi over load atau ODOL melintas.

Kabid Penyangawasan dan Keselamatan (Kamsel) LLAJ Dishub Kota Cilegon Deny Yuliandi mengatakan, survei ini dilakukan untuk mengetahui data pasti jenis dan volume kendaraan yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan perencanaan lalu lintas kedepannya.

“Survei dilakukan selama sepekan dimulai sejak 18 Juli. Ini dilakukan untuk mendata secara pasti berapa banyak jumlah rata-rata harian volume lalu lintas kendaraan di JLS, karena jalur ini merupakan jalur terpadat di Kota Cilegon yang bukan saja dilalui kendaraan pribadi melainkan kendaraan umum, wisata dan industri,” terang Deni, Jumat, 21 Juli 2023.

Dijelaskan, data hasil survei akan dimanfaatkan untuk digunakan sebagai acuan pemerintah dalam melakukan perencanaan atau mengambil kebijakan terkait lalu lintas termasuk kebutuhan data dalam merancang sistem transportasi kedepannya.

“Kami survey di JLS ini salah satunya karena ruas jalan yang volume lalu lintasnya cukup tinggi, sehingga banyak mengakibatkan kekurangan nyamanan kepada pengguna jalan yang lain. Sehingga apabila suatu saat memang dibutuhkan, untuk perencanaan lalu lintas di sini kita sudah memiliki bahannya volume atau kepadatan lalu lintas yang ada di sini,” jelasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments