Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaPemerintahanKemenag Cilegon Belum Bisa Pastikan Keberangkatan Jama’ah Haji dan Umrah ke Arab...

Kemenag Cilegon Belum Bisa Pastikan Keberangkatan Jama’ah Haji dan Umrah ke Arab Saudi

CILEGON, BCO.CO.ID – Meskipun Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah di negaranya, namun hingga kini belum ada kepastian bagi jama’ah asal Kota Cilegon yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Bahkan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Cilegon sendiri masih melakukan lobi dengan pemerintah untuk memberangkatkan jama’ahnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Cilegon Idris Jamroni menjelaskan, pihaknya masih melakukan komunikasi guna mendapatkan jatah kuota bagi jamaa’ah asal Kota Cilegon untuk melaksanakan ibadah di tanah suci yang diimpikan umat muslim ini. “Cilegon belum, kita masih nunggu penjelasan kuota dari pusat. Kita lagi menyesuaikan itu, melakukan negosiasi agar Cilegon itu diberi kesempatan untuk umroh,” kata Idris Jamroni, Kepala Kantor Kemenag Kota Cilegon, Jum’at 22 Oktober 2021.

Idris mengatakan, selain jama’ah umrah ada juga jama’ah haji yang sedang diperjuangkan nasibnya untuk berangkat ke Arab Saudi. Dari data selama dua tahun, ada sekitar 1400 jama’ah calon haji yang masih menunggu kepastian kapan mereka berangkat untuk melaksanakan salah satu ibadah wajib dalam rukun islam kelima itu. “Tahun ini 700 tahun sebelumnya 700, jadi 1400 yang calon haji aja. Upayanya kita lagi komunikasi dengan pusat, pusat juga sebetulnya baru menempuh mekanisme persyaratan dari Arab Saudi supaya tahun ini kita bisa haji ataupun umrah,” terangnya.

iklan

Diharapkan, jama’ah yang bisa berangkat untuk tahun 2022 merupakan jama’ah yang telah menunggu selama dua tahun untuk diprioristaskan pada pelaksanaan ibadah haji dan umrah. “Artinya yang sudah mengalami penundaan selama dua tahun yang menjadi prioritas. Syukur-syukur Arab Saudi bisa menambah kuota,” tutup Idris. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments