Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLingkunganKebakaran Lahan di Cilegon Meningkatkan Saat Musim Kemarau, Ini Penyebabnya

Kebakaran Lahan di Cilegon Meningkatkan Saat Musim Kemarau, Ini Penyebabnya

BCO.CO.ID – Jumlah kejadian kebakaran di Kota Cilegon meningkat saat musim kemarau atau saat Fenomena El Nino berlangsung. Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, periode Januari-Juli 2023 terdapat 54 kejadian kebakaran yang melanda lahan, serta rumah warga akibat berbagai faktor.

Kepala Seksi Operasi Pemadaman Kebakaran pada DPKP Kota Cilegon Suroto menyampaikan, jumlah itu didominasi oleh kebakaran objek ilalang atau kebakaran lahan. Kemudian pada saat Fenomena El Nino berlangsung, ada peningkatan kebakaran lahan pada periode Juli-Agustus 2023. “Agustus ini lebih dari 15 kejadian, mungkin mendekati 20 kejadian. Kemarin sehari empat kejadian, semuanya objeknya ilalang,” ujar Suroto, ditemui BCO Media di kantornya, Kamis 31 Agustus 2023.

Dari puluhan kejadian itu, lanjut Suroto, kejadian kebakaran lahan diakibatkan oleh kelalaian. Umumnya, warga yang tengah membakar sampah meninggalkan lokasi bakaran hingga membuat api menjalar ke tempat. Dia juga menyebut, belum lama ini pihaknya memadamkan api di area hutan di wilayah Palm Hills. Dimana dalam kejadian itu, 12 hektare lahan habis terbakar.  “Umumnya ini lahan kosong, ada yang di lingkungan perumahan,” imbuhnya.

Karena hal ini, dia mewanti-wanti masyarakat Kota Cilegon untuk tidak melakukan pembakaran sampah tanpa pengawasan. Selain itu, dia juga meminta masyarakat agar tidak membuang puntung rokok ke area ilalang ataupun lokasi lainnya. Hal ini guna mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments