Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaPemerintahanJadwal Pelantikan Helldy-Sanuji Diundur, Pj Sekda Jadi Walikota Sementara 

Jadwal Pelantikan Helldy-Sanuji Diundur, Pj Sekda Jadi Walikota Sementara 

CILEGON, BCO.CO.ID – Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon diundur, padahal masa jabatan Edi Ariadi dan Ratu Ati Marliati sebagai kepala daerah di Kota Cilegon selesai pada 17 Februari 2021 mendatang. Dan Gubernur Banten menyiapkan SK yang menunjuk Maman Maulidin sebagai walikota sementara hingga Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta dilantik.

Dengan demikian, Maman Maulidin merangkap tiga jabatan penting. Selain sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon, juga menjabat sebagai Pj Sekda Cilegon dan menjabat walikota sementara.

Plt Asda I Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana membenarkan bahwa walikota sementara dijabat oleh Maman Maulidin. Itu diketahui usai mengikuti rapat virtual pembahasan pelantikan kepala daerah bersama Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Senin 15 Februari 2021.

Menurut Dikrie, jabatan Sekda sebagai kepala daerah bisa merangkap, baik sebagai pelaksana jabatan ataupun pelaksana harian. Hal itu juga diakuinya sudah ditegaskan oleh Dirjen Otonomi Daerah melalui peraturan pemerintah. Meski begitu, kata Dikrie, untuk SK Plh yang bakal dijabat oleh Maman Maulidin penetapannya berada pada Gubernur Banten.

“Tadi juga sudah dijelaskan bahwa yang mengisi kekosongannya adalah Plh Kepala Daerah oleh Pak Sekda (Maman Maulidin-red), Itu dalam PP-nya sudah ada,” ujar Tb. Dikrie Maulawardhana, yang juuga Asda III Kota Cilegon.

Dikrie menjelaskan, Maman Maulidin akan memegang kursi pemerintahan di Kota Cilegon hingga akhir Februari 2021 mendatang atau hingga pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih.

Sebagai informasi, pelantikan kepala daerah terpilih hasil pemilu Desember 2020 lalu bakal dilakukan secara virtual. Untuk teknis tempatnya sendiri dapat dilakukan di Rumah Dinas Walikota atau pun di Pemkot Cilegon. Selain itu, serah terima jabatan definitive juga dilakukan oleh Plh Sekda Cilegon kepada kepala daerah terpilih. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments